YANUAR, VIVIAN (2021) USULAN STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN ONLINE SHOP PADA MARKETPLACE BERBEDA BERDASARKAN INFORMASI PADA USER INTERFACE. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (VIVIAN YANUAR)
TA_170609427 0.pdf Download (611kB) | Preview |
|
|
Text
170609427 1.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
TA_170609427 2.pdf Download (336kB) | Preview |
|
Text
TA_170609427 3.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) |
||
Text
TA_170609427 4.pdf Restricted to Registered users only Download (867kB) |
||
Text
TA_170609427 5.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
|
Text
TA_170609427 6.pdf Download (287kB) | Preview |
Abstract
Marketplace S dan T merupakan merupakan marketplace yang sering dikunjungi masyarakat. Walaupun marketplace tersebut terkenal, tidak semua pelaku bisnis yang berjualan pada marketplace tersebut dapat berhasil. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apa saja faktor kesuksesan untuk berjualan di marketplace S dan T dan memberikan usulan strategi kepada pelaku bisnis untuk mengelola tokonya sesuai dengan marketplace yang digunakannya. Data-data yang digunakan diambil dari informasi yang ada pada halaman user interface masing-masing marketplace dengan cara scraping. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kano agar dapat mengetahui atributatribut yang sangat berpengaruh. Hasil dari penelitian ini yakni faktor kesuksesan di marketplace S adalah informasi penilaian toko, lama toko bergabung dan followers toko merupakan informasi yang hanya cukup dibutuhkan keberadaannya, informasi jumlah review produk dan favorit yang berpengaruh secara linier, informasi rating produk, harga produk, jumlah review produk dan favorit yang sangat signifikan mempengaruhi penjualan. Faktor kesuksesan di marketplace T adalah informasi jumlah diskusi merupakan informasi yang hanya cukup dibutuhkan keberadaannya, informasi jumlah review produk, harga produk, jumlah penilaian toko, lama toko bergabung, followers toko, jumlah foto, deskripsi produk, reputasi toko dan jumlah layanan pengiriman yang sangat signifikan mempengaruhi penjualan. Dari hasil yang telah didapatkan sebelumnya, usulan strateginya yakni untuk berjualan di marketplace S adalah foto yang ditampilkan adalah foto real dan sesuai dengan warna produk yang dijual, mengikuti flash sale, memanfaatkan fitur gratis ongkir dan memasukkan produk ke S murah lebay. Usulan strategi untuk berjualan di marketplace T adalah memanfaatkan semua layanan pengiriman yang ada, memasukkan foto-foto produk sesuai variannya, responsif dalam menjawab diskusi, memberikan deskripsi produk secara detail, memaksimalkan informasi di catatan toko dan memberikan diskon ke pengikut dan kepada customer yang memberikan review baik. Sehingga tentunya jika pelaku bisnis online berjualan di marketplace yang berbeda maka pengelolaan toko onlinenya juga berbeda. Seperti rating produk sangat signifikan mempengaruhi penjualan di marketplace S sedangkan di marketplace T tidak. Informasi jumlah review produk, penilaian toko, lama toko bergabung dan followers toko sangat signifikan mempengaruhi penjualan di marketplace T sedangkan di marketplace T tidak.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | marketplace, model Kano, faktor kesuksesan, user interface, scraping |
Subjects: | Teknik Industri > Sistem Manufacturing |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Editor 5 uajy |
Date Deposited: | 03 Dec 2021 11:50 |
Last Modified: | 03 Dec 2021 11:50 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25720 |
Actions (login required)
View Item |