MODEL AISAS UNTUK MEMETAKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN BERDASARKAN KUALITAS KONTEN TIKTOK #RACUNSHOPEE

SUSANTO, DANIEL (2021) MODEL AISAS UNTUK MEMETAKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN BERDASARKAN KUALITAS KONTEN TIKTOK #RACUNSHOPEE. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DANIEL SUSANTO)
17 090 6335 0.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 090 6335 1.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 090 6335 2.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text
17 090 6335 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
17 090 6335 4.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat dari zaman ke zaman membuat segala bentuk aktivitas manusia dapat dipermudah dan dipercepat. Internet merupakan salah satu bentuk perkembangan teknologi yang memberikan pengaruh yang besar terhadap berbagai bidang kehidupan di dunia. Masyarakat bisa saling berbagi informasi tanpa ada halangan jarak dan waktu. Hal tersebut dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis sebagai media pemasaran, terutama media sosial. Salah satu media sosial yang memiliki peningkatan kepopularitasan yang tinggi di tahun 2020 yang lalu adalah TikTok. Konten #RacunShopee merupakan salah satu bentuk pemasaran produk yang ada di TikTok. Penelitian ini mengenai penerapan model AISAS untuk memetakan keputusan pembelian konsumen berdasarkan kualitas konten TikTok #RacunShopee. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode survei dengan instrumen kuesioner yang dibagikan kepada sampel yang berjumlah 100 responden. Kriteria responden pada penelitian ini adalah pengguna TikTok yang berusia 20-24 tahun dan berdomisili di Daerah Istimewa Yogyakarta. Model AISAS digunakan untuk memetakan tahapan perilaku yang akan dilalui oleh konsumen, yang terdiri dari attention, interest, search, action, dan share. Pada teori content marketing, terdapat lima indikator yang dapat digunakan untuk mengukur kualitas konten, antara lain educates, informs, connects, entertains, dan create trustworthiness. Berdasarkan hasil temuan dan hasil analisis data pada penelitian ini, ditemukan bahwa setiap tahapan dalam model AISAS pada konten #RacunShopee di TikTok termasuk ke dalam kategori baik. Kualitas konten pada konten #RacunShopee di TikTok juga berperan dalam setiap tahapan dalam model perilaku konsumen, model AISAS.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model AISAS, Keputusan Pembelian Konsumen, Kualitas Konten, TikTok
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 06 Dec 2021 11:03
Last Modified: 06 Dec 2021 11:03
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25747

Actions (login required)

View Item View Item