PENGARUH VIRAL ADVERTISING DAN SIKAP PADA PEMBELIAN TERHADAP NIAT PEMBELIAN DENGAN PERSEPSI KEMUDAHAN DAN KEGUNAAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA TOKOPEDIA DI MEDIA SOSIAL TIKTOK)

Djunawan, Florencya Velika (2021) PENGARUH VIRAL ADVERTISING DAN SIKAP PADA PEMBELIAN TERHADAP NIAT PEMBELIAN DENGAN PERSEPSI KEMUDAHAN DAN KEGUNAAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA TOKOPEDIA DI MEDIA SOSIAL TIKTOK). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Florencya Velika Djunawan)
170323338 0.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170323338 1.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170323338 2.pdf

Download (411kB) | Preview
[img] Text
170323338 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)
[img] Text
170323338 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img]
Preview
Text
170323338 5.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang diberikan oleh variabel dari viral advertising, yaitu kuantitas informasi, kualitas argumen, dan kredibilitas sumber, serta variabel sikap pada pembelian terhadap niat membeli dengan persepsi kegunaan dan kemudahan penggunaan yang dirasakan sebagai variabel mediasi. Studi ini meneliti tentang aplikasi Tokopedia yang melakukan promosi melalui konten #TokopediaHaul di TikTok. Data yang didapatkan sebanyak 158 responden yang dianalisis menggunakan alat analisis SPSS. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, kuantitas informasi dari video promosi #TokopediaHaul tidak berpengaruh terhadap persepsi kegunaan yang dirasakan. Sedangkan, kualitas argumen, kredibilitas sumber, dan persepsi kemudahan penggunaan yang dirasakan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap persepsi kegunaan yang dirasakan. Variabel kualitas argumen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap persepsi kemudahan penggunaan yang dirasakan. Kemudian, persepsi kegunaan dan kemudahan penggunaan yang dirasakan memiliki pengaruh terhadap sikap pada pembelian yang kemudian akan mempengaruhi niat membeli. Seluruh variabel mediasi yang diuji memiliki pengaruh tidak langsung kecuali pengaruh kuantitas informasi terhadap sikap pada pembelian dengan mediasi persepsi kegunaan yang dirasakan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Viral Advertising, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Sikap Terhadap Pembelian, Niat Membeli, Mediasi
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 07 Dec 2021 08:13
Last Modified: 07 Dec 2021 08:13
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25768

Actions (login required)

View Item View Item