USULAN PRODUCT ASSORTMENT DAN STRATEGI PENJUALAN DI TOKO RANATHA PADA MASA PANDEMI COVID-19

GANIS, ANDHIKA PRATAMA (2021) USULAN PRODUCT ASSORTMENT DAN STRATEGI PENJUALAN DI TOKO RANATHA PADA MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANDHIKA PRATAMA GANIS)
170609464 0.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170609464 1.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170609464 2.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text
170609464 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
170609464 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
170609464 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img]
Preview
Text
170609464 6.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

Wabah pandemi COVID-19 yang mulai meruak di Indonesia pada tahun 2020 menyebabkan terjadinya perubahan-perubahan gaya dan pola hidup masyarakat. Pandemi juga menyebabkan munculnya peraturan-peraturan baru bagi masyarakat dalam melakukan kegiatan ataupun aktivitas sehari-hari. Perubahanperubahan ini sangat berdampak bagi sektor ritel khususnya ritel non pokok. Salah satu dampak dari pandemi ini adalah perubahan permintaan konsumen atau bisa juga disebut sebagai disrupsi permintaan hal ini sangat berpengaruh terhadap operasional ritel. Ritel harus dapat beradaptasi pada perubahan-perubahan ini, salah satu cara adalah penentuan produk-produk yang akan dijual atau disebut juga product assortment. Penelitian ini dilakukan pada objek ritel non pokok yaitu Toko Ranatha yang menjual peralatan-peralatan outdoor yang mengalami penurunan dalam frekuensi penjualan produknya. Penelitian ini akan dapat membantu Toko Ranatha dalam melakukan evaluasi product assortmentnya serta menentukan strategi penjualan mana yang paling cocok dan diminati oleh konsumen dengan menggunakan metode analisis ABC dan analisis survei . Hasil penelitian ini juga dapat diaplikasikan apabila ada kondisi disrupsi permintaan lainnya. Penelitian menggunakan data primer berupa data penjualan produk, data stok barang, dan kuesioner dalam mengevaluasi perubahan perilaku dan minat konsumen. Kesimpulan yang didapat dengan memanfaatkan data-data yang ada didapatkan bahwa kontribusi penjualan di toko Ranatha tidak mengalami perubahan yang signifikan, namun terjadi penurunan terhadap semua kategori barang yang ada. Maka dari itu pemilik dapat menggeser kategori produk-produk yang tidak maupun memiliki sedikit kontribusi penjualan ke produk-produk yang memiliki potensi atau berkontribusi besar terhadap penjualan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ritel non Pokok, Demand Disruption, Pasca Pandemi COVID-19, Product Assortment
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor 5 uajy
Date Deposited: 07 Dec 2021 08:40
Last Modified: 07 Dec 2021 08:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25771

Actions (login required)

View Item View Item