Hermanto, Joshua (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPERCAYAAN DAN LOYALITAS KONSUMEN: STUDI PADA APLIKASI BIBIT REKSADANA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (Joshua Hermanto)
170323527 0.pdf Download (647kB) | Preview |
|
|
Text
170323527 1.pdf Download (456kB) | Preview |
|
|
Text
170323527 2.pdf Download (481kB) | Preview |
|
Text
170323527 3.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) |
||
Text
170323527 4.pdf Restricted to Registered users only Download (775kB) |
||
|
Text
170323527 5.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penting bagi sebuah merek atau perusahaan untuk mengetahui mengenai faktor apa saja yang mendorong kepercayaan dan loyalitas konsumen, terutama dalam layanan perusahaan secara online atau yang berfokus mengandalkan jaringan internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kepercayaan dan loyalitas konsumen pada aplikasi Bibit Reksadana. Perceived risk, perceived usefulness, perceived ease of use, e-marketplace reputation, e-seller’s reputation, convenience, trust, dan loyalty adalah variabel yang akan dianalisis dan diketahui hubungan antar variabel. Responden dalam penelitian ini berjumlah 220 orang yang dikumpulkan melalui google forms dengan opsi jawaban skala likert 5 poin, penentuan responden yang valid didasarkan pada teknik purposive sampling dengan kriteria bahwa responden memiliki aplikasi/situs Bibit Reksadana pada device (HP, Laptop, dll) dan pernah melakukan transaksi (jual/beli) di Bibit Reksadana. Analisis data dilakukan dengan alat statistik SPSS dengan terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas), selanjutnya data diolah dengan metode regresi linear berganda dan regresi linear sederhana sehingga diketahui nilai R-Square, nilai F, dan nilai t yang menunjukkan hubungan antar variabel independen dan dependen. Hasil penellitian ini menghasilkan temuan bahwa, 1) perceived risk berpengaruh positif terhadap trust, 2) perceived usefulness berpengaruh positif terhadap trust, 3) perceived ease of use berpengaruh positif terhadap trust, 4) e-marketplace reputation berpengaruh positif terhadap trust, 5) e-seller’s reputation berpengaruh positif terhadap trust, 6) convenience berpengaruh positif terhadap trust, dan 7) trust berpengaruh positif terhadap loyalty.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Operasi dan Sistem Informasi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Editor 4 uajy |
Date Deposited: | 07 Dec 2021 10:26 |
Last Modified: | 08 Dec 2021 09:50 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25783 |
Actions (login required)
View Item |