Tirtanata, Tania (2021) PENGARUH VARIABEL KECANDUAN GAME ONLINE DAN LOYALITAS PEMAIN GAME TERHADAP NIAT MELAKUKAN IN-APP PURCHASE DALAM GAME SELULER ONLINE. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (Tania Tirtanata)
170323616 0.pdf Download (894kB) | Preview |
|
|
Text
170323616 1.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
170323616 2.pdf Download (301kB) | Preview |
|
Text
170323616 3.pdf Restricted to Registered users only Download (609kB) |
||
Text
170323616 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
170323616 5.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel kecanduan game online (salience, tolerance, mood modification, relapse, withdrawal, conflict, dan problems) dan loyalitas pemain game terhadap niat melakukan in-app purchase dalam game seluler online, dengan loyalitas pemain game yang juga berperan sebagai variabel mediasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, dengan sampel penelitian yaitu pemain game seluler online yang sudah pernah melakukan in-app purchase selama setahun terakhir. Kuesioner penelitian disebarkan secara online menggunakan Google Forms, dan kemudian diperoleh 407 responden yang memenuhi kriteria sampel penelitian. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan metode Stuctural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software SmartPLS 3. Hasilnya ditemukan bahwa salience secara signifikan memengaruhi loyalitas pemain game dan secara signifikan memengaruhi niat melakukan in-app purchase dalam game seluler online. Mood modification secara signifikan memengaruhi loyalitas pemain game. Withdrawal secara signifikan memengaruhi loyalitas pemain game dan secara signifikan memengaruhi niat melakukan in-app purchase dalam game seluler online. Loyalitas pemain game secara signifikan memengaruhi niat melakukan in-app purchase dalam game seluler online. Hasil dari uji mediasi loyalitas pemain game terhadap salience dan niat melakukan in-app purchase, serta uji mediasi loyalitas pemain game terhadap withdrawal dan niat melakukan in-app purchase dapat dikategorikan sebagai direct-only nonmediation, sedangkan sisanya dapat dikategorikan sebagai no-effect nonmediation.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecanduan game online, loyalitas pemain game, niat melakukan in-app purchase, game seluler online. |
Subjects: | Manajemen > Operasi dan Sistem Informasi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Editor 4 uajy |
Date Deposited: | 07 Dec 2021 12:27 |
Last Modified: | 07 Dec 2021 12:27 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25792 |
Actions (login required)
View Item |