PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING (SMM) TERHADAP KINERJA BISNIS UMKM BATIK SELAMA PANDEMI COVID 19 DI SURAKARTA

Kusumatriawan, Ardhiel Junico Adi (2021) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING (SMM) TERHADAP KINERJA BISNIS UMKM BATIK SELAMA PANDEMI COVID 19 DI SURAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Ardhiel Junico Adi Kusumatriawan)
170323836 0.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170323836 1.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170323836 2.pdf

Download (492kB) | Preview
[img] Text
170323836 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text
170323836 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB)
[img]
Preview
Text
170323836 5.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi mengenai pengaruh Social Media Marketing (SMM) terhadap kinerja bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) batik selama pandemi Covid 19. Objek penelitian ini adalah UMKM batik di Surakarta. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah para pedagang dan produsen batik yang menggunakan social media marketing khususnya pada masa pandemi Covid19 yang berdomisili di Kota Surakarta. Responden yang terkumpul sebanyak 291 responden, tetapi hanya sebanyak 251 yang valid dan memenuhi kriteria. Teknik pengambilan sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling (nonprobability sampling), dan pengumpulan data melalui kuesioner yang dilakukan secara online dan offline. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan alat analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan social media marketing dipengaruhi oleh perceived usefulness, and perceived ease of use, compatibility. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial untuk pemasaran memiliki pengaruh positif terhadap kinerja UMKM terutama dalam meningkatkan penjualan, hubungan pelanggan, produktivitas, dan kreativitas. Artinya semakin baik penggunaan media sosial untuk pemasaran maka kinerja UMKM akan semakin baik. Kontribusi teoretis untuk penelitian ini dibangun di atas teori TAM dan UTAUT serta dengan beberapa modifikasi. Kata

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perceived usefulness, perceived ease of use, compatibility, facilitating condition, social media marketing, kinerja bisnis UMKM, Covid 19
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 07 Dec 2021 15:16
Last Modified: 07 Dec 2021 15:16
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25801

Actions (login required)

View Item View Item