ANALISIS PENANGANAN KEBUTUHAN PARKIR (Studi Kasus : Stasiun Tugu Yogyakarta)

Ardiansari, Anna Ferika (2010) ANALISIS PENANGANAN KEBUTUHAN PARKIR (Studi Kasus : Stasiun Tugu Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TS12308.pdf

Download (608Kb)
[img] Text (Bab I)
1TS12308.pdf

Download (2376Kb)
[img] Text (Bab II)
2TS12308.pdf

Download (223Kb)
[img] Text (Bab III)
3TS12308.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316Kb)
[img] Text (Bab IV)
4TS12308.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325Kb)
[img] Text (Bab V)
5TS12308.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359Kb)
[img] Text (Bab VI)
6TS12308.pdf

Download (9Mb)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kebutuhan ruang parkir selatan Stasiun Tugu Yogyakarta dan karakteristik parkir yang meliputi : akumulasi parkir, durasi parkir, volume parkir, indeks parkir, turnover parkir (pergantian parkir) dan kapasitas parkir pada saat ini di areal parkir selatan Stasiun Tugu Yogyakarta, dan memberikan alternatif penanganan fasilitas parkir dengan melihat kebutuhan ruang parkir saat ini. Serta Memperkirakan tingkat pertumbuhan parkir kendaraan pada tahun 2012 di areal parkir selatan Stasiun Tugu Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai karakteristik parkir selatan Stasiun Tugu Yogyakarta dan memberikan masukan pengetahuan sebagai pertimbangan dalam merencanakan fasilitas parkir yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan sehingga dapat membantu dalam menentkan kebijakan parkir di Stasiun Tugu Yogyakarta pada masa-masa yang akan datang. Pelaksanaan survei dilakukan selama 3 hari, yaitu Sabtu, Minggu dan Senin pada tanggal 29-31 Agustus 2009 pukul 11:00-13:30 WIB. Metode pelaksanaan dilakukan dengan melakukan pencatatan dan perhitungan kendaraan yang masuk dan keluar areal parkir. Kendaraan yang sudah ada sebelum pengamatan dimulai dianggap datang pada jam pengamatan dimulai. Hasil analisis karakteristik parkir diperoleh akumulasi maksimal untuk sepeda motor = 85 kendaraan dan untuk mobil = 26 kendaraan. Durasi parkir maksimal untuk sepeda motor = 141 menit dan minimumnya = 2 menit. Untuk mobil, durasi parkir maksimal = 147 menit dan minimumnya = 4 menit. Volume parkir maksimal untuk sepeda motor = 308 kend/hari dan untuk mobil = 97 kend/hari. Indeks parkir rerata untuk sepeda motor = 22,3744 5 dan untuk mobil = 18,7961 %. Turnover parkir rerata untuk motor = 0.9538 kend/hari/m2 dan untuk mobil = 0,0917 kend/hari/m2. Kebutuhan ruang parkir untuk sepeda motor hari Sabtu = 102 SRP, Minggu = 64 SRP, dan Senin 65 SRP. Kebutuhan ruang parkir untuk mobil hari Sabtu = 32 SRP, Minggu = 23 SRP, dan Senin 20 SRP. Alternatif solusi yang diambil dalam permasalah ini adalah dengan menata ruang parkir dan mengalihfungsikan lahan parkir becak yang kurang efektif untuk lahan parkir sepeda motor. Sehingga dapat menambah ruang parkir sepeda motor sebanyak 39 ruang parkir.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: metode pelaksanaan, akumulasi parkir, durasi parkir, turnover parkir, indeks parkir, kebutuhan ruang parkir.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 27 Jun 2013 09:18
Last Modified: 27 Jun 2013 09:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2583

Actions (login required)

View Item View Item