PUTRI, VANESSA ANGGITA (2021) PENGARUH SOCIAL MEDIA ENGAGEMENT KONTEN PROMOSI TECHMINAR DI INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI TIKET TECHMINAR (Studi Eksplanatif Kuantitatif Pada Pengikut Akun Instagram @kreenindonesia). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (VANESSA ANGGITA PUTRI)
170906190 0.pdf Download (978kB) | Preview |
|
|
Text
170906190 1.pdf Download (900kB) | Preview |
|
|
Text
170906190 2.pdf Download (876kB) | Preview |
|
Text
170906190 3.pdf Restricted to Registered users only Download (894kB) |
||
|
Text
170906190 4.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian kali ini membahas tentang pengaruh social media engagement konten promosi Techminar di Instagram terhadap minat beli tiket Techminar. Peneliti memilih PT Keren Entertainment Indonesia sebagai objek penelitian karena PT Keren Entertainment tetap berjaya di saat pandemi Covid-19 yang mana pada umumnya sektor MICE akan mengalami penurunan. Pada saat pandemi Covid-19 seperti ini, PT Keren Entertainment Indonesia melakukan promosi pada event-event mereka, salah satunya Techminar melalui akun Instagram @kreenindonesia yang memiliki 11.800 pengikut. Maka dari itu, peneliti ingin melihat apakah ada pengaruh social media engagement konten promosi Techminar di Instagram @kreenindonesia terhadap minat beli tiket Techminar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanatif kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling dengan 99 responden yang merupakan pengikut akun Instagram @kreenindonesia dan sudah pernah mengikuti Techminar minimal satu kali. Kuesioner penelitian ini diuji menggunakan uji validitas dan reliabilitas yang kemudian datanya dioleh menggunakan uji korelasi dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian membuktikan bahwa ada pengaruh social media engagement konten promosi Techminar di Instagram terhadap minat beli tiket Techminar. Terbukti dengan melihat hasil uji regresi linear sederhana yang menunjukkan hasil nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,005, sehingga membuktikan bahwa variabel independen berpengaruh signifikan pada variabel dependen. Kemudian apabila dilihat dari R Square yang memiliki nilai 0,576 dapat membuktikan bahwa variabel independen yaitu social media engagement memberikan pengaruh pada variabel dependen atau minat beli sebesar 57,6%. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kekuatan hubungan sebesar 0,759 yang menjelaskan bahwa hubungan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Digital Marketing, Social Media Engagement, Minat Beli |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor 6 uajy |
Date Deposited: | 10 Dec 2021 11:53 |
Last Modified: | 10 Dec 2021 11:53 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25907 |
Actions (login required)
View Item |