LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR REDESAIN PASAR TRADISIONAL PASAR PAGI DI KOTA SAMARINDA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR TRADISIONAL KALIMANTAN TIMUR

Asmarajati, Adtya Surya Tri (2020) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR REDESAIN PASAR TRADISIONAL PASAR PAGI DI KOTA SAMARINDA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR TRADISIONAL KALIMANTAN TIMUR. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Adtya Surya Tri Asmarajati)
130114785_bab 0.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
130114785_bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
130114785_bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
130114785_bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
130114785_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (962kB)
[img] Text
130114785_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
130114785_bab 6.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pasar Tradisional Pasar Pagi merupakan salah satu pasar tradisional di Kota Samarinda yang menjadi pusat perdagangan serta penggerak roda perekonomian di Kota Samarinda, berbagai macam produk lokal dan hasil panen dapat ditemui pada Pasar Pagi. Pasar Pagi menjadi salah satu pasar yang cukup diminati masyarakat sekitar karena lokasinya strategis yang terletak di tepian sungai dan jalan utama, sehingga dapat dengan mudah mencapai Pasar Pagi dengan berbagai macam moda transportasi yang ada. Salah satu latar belakang redesain Pasar Pagi adalah penataan dalam ruang terkait pembagian zonasi dagang yang tidak tertata dengan baik sehingga aktivitas yang terjadi didalam pasar tidak maksimal. Pembagian zona yang tidak terorganisir ini dapat mengakibatkan menurunnya minat masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas pasar. Kondisi Pasar yang berada ditengah kota membuat kondisi jalan yang ada disekitar pasar menjadi tidak kondusif, akibat maraknya parkir liar dan PKL yang menutupi jalan. Pentingnya redesain Pasar Tradisional Pasar Pagi adalah upaya untuk memaksimalkan aktivitas jual beli yang terjadi dan mengembalikan minat masyarakat untuk kembali menggunakan pasar tradisional. Kebudayaan yang kental pada Kota Samarinda membuat pasar tradisional diminati wisatawan, diharapkan pasar tradisional Pasar Pagi dapat menggambarkan ciri khas yang dapat mempertahankan nilai-nilai visi misi Kota Samarinda serta unsur kebudayaan dengan menggunakan pendekatan arsitektur tradisional Kalimantan Timur, rancangan redesain diharapkan mampu mewadahi aktivitas jual beli dengan maksimal dan meningkatkan kembali minat masyarakat terhadap pasar tradisional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pasar Tradisional, Jual-Beli, Zonasi, Penataan, Arsitektur Tradisional
Subjects: Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 13 Dec 2021 09:29
Last Modified: 13 Dec 2021 09:29
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25933

Actions (login required)

View Item View Item