LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTURAL SUPERMARKET DAN TAMAN REKREASI DI KOTA PURWOREJO DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEMPORER

Prasetyo, Martinus Afriano Cahyo (2020) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTURAL SUPERMARKET DAN TAMAN REKREASI DI KOTA PURWOREJO DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEMPORER. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Martinus Afriano Cahyo Prasetyo)
150115867_bab 0.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150115867_bab 1.pdf

Download (858kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150115867_bab 2.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150115867_bab 3.pdf

Download (624kB) | Preview
[img] Text
150115867_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text
150115867_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
150115867_bab 6.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perencanaan dan perancangan Supermarket dan Taman rekreasi merupakan destinasi baru bagi warga Kota Purworejo dan sekitarnya.. Proyek ini diadakan untuk menjawab permasalahan yang ada di Purworejo dimana pusat perbelanjaan belum tersedia untuk skala besar, dan juga warga Purworejo lebih memilih untuk pergi ke luar kota untuk berbelanja dan berwisata. Alangkah jauh lebih baik jika ada pusat perbelanjaan yang mampu memenuhi kebutuhan sehari hari bagi warga Kota Purworejo dan sekitarnya. Maka dari itu bisa disimpulkan bahwa Purworejo sangat berpoteni untuk dibangun Supermarket dan juga Taman rekreasi sebagai destinasi wisata baru. Supermarket dan Taman rekreasi direncanakan dan dirancang dengan memperhatikan pengolahan fasad serta tata ruang dalam dan luar yang mencerminkan identitas kedua fungsi dari rancangan tersebut, yaitu Supermarket yang identik dengan fungsi untuk berbelanja dan taman yang identik dengan fungsi untuk bersantai. Menciptakan bangunan mutifungsi yang saling berkesinambungan merupakan hal penting dalam merancang bangunan Supermarket dan taman rekreasi tersebut dan mengikuti pendekatan arsitektur kontemporer. Permasalahan pada “Supermarket dan taman rekreasi”, yaitu bagaimana wujud rancangan supermarket dan taman rekreasi tersebut di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen sehari hari yang sebelumnya harus pergi ke luar kota untuk berbelanja, dan juga menjadikan destinasi baru yang sebelumnya belum terdapat di Purworejo. Selain itu untuk mempromosikan Purworejo sebagai daerah yang berpotensi akan wisatanya. Pendekatan dilakukan dengan pendekatan arsitektur kontemporer dimana desain yang akan diaplikasikan adalah desain yang mampu menyesuaikan kemajuan jaman yang modern, dan dinamis agar menarik minat pengunjung.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Supermarket, Taman rekreasi, Purworejo, Kontempor
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 13 Dec 2021 11:50
Last Modified: 13 Dec 2021 11:50
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25937

Actions (login required)

View Item View Item