PENGARUH DIMENSI PERCEIVED VALUE DAN KEPUASAN TERHADAP NIAT BELI ITEM VIRTUAL PADA GAME MOBILE LEGENDS YANG DIMEDIASI LOYALITAS PELANGGAN

Manik, Berlin Kharisma Torang (2021) PENGARUH DIMENSI PERCEIVED VALUE DAN KEPUASAN TERHADAP NIAT BELI ITEM VIRTUAL PADA GAME MOBILE LEGENDS YANG DIMEDIASI LOYALITAS PELANGGAN. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Berlin Kharisma Torang Manik)
170323720 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
170323720 1.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170323720 2.pdf

Download (541kB) | Preview
[img] Text
170323720 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB)
[img] Text
170323720 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
170323720 5.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong niat beli pemain dalam membeli item virtual pada game Mobile Legends melalui perceived value yang dimediasi oleh kepuaan dan loyalitas. Terdapat tiga dimensi pada perceived value yang dimediasi oleh kepuasan dan loyalitas untuk mengeksplorasi pengaruh nilai perspektif pemain terhadap niat beli item virtual pada game Mobile Legends. Subjek penelitian yang digunakan adalah game Mobile Legends dan objek penelitian yang digunakan adalah pemain yang sudah pernah membeli item virtual pada game Mobile Legends tersebut. Peneliti melakukan survey secara online dengan membagikan kuesioner dalam bentuk google form sehingga responden yang terkumpul pada penelitian ini sebanyak 375 responden, tetapi yang memenuhi kriteria penelitian hanya 180 responden. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan purposive sampling. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dan diolah dengan menggunakan aplikasi SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa tiga dimensi dari perceived value, yaitu hedonic value, utilitarian value dan economc value berpengaruh positif terhadap kepuasan dan loyalitas kecuali utilitarian value terhadap loyalitas yang memiliki hasil negatif. Selain itu, ditemukan bahwa kepuasan dan loyalitas berpengaruh positif terhadap niat beli.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Online Game, Perceived Value, Kepuasan, Loyalitas, Niat Beli.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 13 Dec 2021 14:28
Last Modified: 13 Dec 2021 14:28
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25953

Actions (login required)

View Item View Item