PERCEPTUAL MAPPING E-COMMERCE BERDASARKAN E-SERVICE QUALITY (Studi Deskriptif Kuantitatif Persepsi Konsumen Generasi Milenial di Yogyakarta atas Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan Blibli Berdasarkan E-Service Quality)

DWIANDARINI, RACHEL KEZIA WELASASIH (2021) PERCEPTUAL MAPPING E-COMMERCE BERDASARKAN E-SERVICE QUALITY (Studi Deskriptif Kuantitatif Persepsi Konsumen Generasi Milenial di Yogyakarta atas Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan Blibli Berdasarkan E-Service Quality). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RACHEL KEZIA WELASASIH DWIANDARINI)
170906244 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906244 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906244 2.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text
170906244 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
170906244 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Peningkatan tren penggunan e-commerce di kalangan masyarakat akibat pandemi Covid-19 yang melanda menyebabkan industri e-commerce berlombalomba melakukan inovasi dan beradu kreativitas dalam mengiklankan produknya. Ketatnya persaingan yang ada membuat kelima perusahan e-commerce yang mendominasi pasar Indonesia yaitu Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan Blibli, gencar melakukan strategi pemasaran produk dan meningkatkan kualitas layanannya. Kualitas layanan e-commerce dapat menentukan berhasil tidaknya suatu e-commerce, maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen atas top five e-commerce B2C & C2C di Indonesia berdasarkan pengalaman para penggunanya atas kualitas pelayanan yang diberikan. Hasil penelitian diharapkan dapat menunjukan apa yang menjadi keunggulan dan kelemahan dari masing-masing platform e-commerce yang nantinya dapat dijadikan bahan evaluasi oleh kelima e-commerce maupun perusahaan e-commerce lainnya. Penelitian ini berjenis kuantitatif dan dilakukan dengan metode survei menggunakan kuesioner kepada 100 responden yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan yaitu generasi milenial di Yogyakarta yang pernah menggunakan e-commerce Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan Blibli. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis arithmetic mean dan perceptual mapping. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Tokopedia merupakan ecommerce yang memiliki persepsi paling baik menurut pengguna berdasarkan kualitas layanan online (e-service quality) dibandingkan keempat e-commerce lainnya. Kemudian diikuti Shopee pada peringkat kedua yang masih unggul dari Tokopedia pada beberapa atribut. Terdapat Blibli dan Lazada pada peringkat ketiga dan keempat yang bersaing secara ketat pada setiap atributnya dengan selisih penilaian yang tidak jauh. Pada peringkat terakhir terdapat e-commerce Bukalapak yang memiliki persepsi paling buruk menurut penggunanya sehingga perlu meningkatkan kualitas layanannya secara keseluruhan karena berada pada posisi terbawah disetiap atribut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: E-commerce, Persepsi, Perceptual Mapping
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 13 Dec 2021 14:33
Last Modified: 13 Dec 2021 14:33
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25954

Actions (login required)

View Item View Item