LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR ECO PARK MANGORVE DI NUSA LEMBONGAN DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR EKOLOGIS

Aji, Putu Diva Ananditha (2020) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR ECO PARK MANGORVE DI NUSA LEMBONGAN DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR EKOLOGIS. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Putu Diva Ananditha Aji)
150115868_bab 0.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150115868_bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
150115868_bab 2.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150115868_bab 3.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text
150115868_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[img] Text
150115868_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
150115868_bab 6.pdf

Download (690kB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan yang mempunyai potensi wisata yang beraneka ragam, seperti: keindahan alam, keanekaragaman budaya, keramahtamahan masyarakatnya dan juga peninggalan sejarahnya yang tersebar di seluruh provinsi dan kota yang terbentang di seluruh wilayah Indonesia sebagai potensi daya tarik wisata. Eco park mangrove sebagai wadah dari kegiatan khusus yang bertujuan untuk lebih mengenal tentang pelestarian alam khususnya ekosistem mangrove dan habitat sekitarnya. Dalam kegiatan wisata ini, wisatawan diajak untuk mengenal lebih jauh tentang potensi alam yang ada di Bali khususnya di Nusa Lembongan. Pencapaian utama dalam kegiatan ini ialah melestarikan alam agar tidak ada eksploitasi yang berlebihan sehingga mampu memanfaatkan ekosistem yang sudah ada dengan sebaikbaiknya. Untuk menunjang suasana yang rekreatif dan edukatif, diperlukan pengolahan tata ruang dalam dan tata ruang luar pada bangunan eco park mangrove. Pengolahan tata ruang dalam akan lebih berfokus pada area pengelola dan area indoor sehingga wisatawan dapat lebih nyaman, sedangkan untuk pengolahan tata ruang luar diterapkan pada area konservasi guna menjaga keterkaitan bangunan dengan lingkungan sekitarnya. Pendekatan arsitektur ekologis dirasa mampu untuk menunjang suasana rekreatif dan edukatif dengan pengolahan tata ruang dalam dan luar. Pada hakekatnya arsitektur ekologis erat ikatanya dengan alam, oleh karena itu setiap elemen yang ada harus bisa berbaur dengan lingkungan sekitar. Dengan berbaur dengan alam sekitar, pendekatan arsitektur ekologis diharapkan mampu merespon dengan baik kebutuhan kegiatan wisata yang terjadi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: eco park, mangrove, rekreatif, edukatif, tata ruang dalam, tata ruang luar, arsitektur ekologis
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 14 Dec 2021 11:00
Last Modified: 14 Dec 2021 11:00
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25972

Actions (login required)

View Item View Item