PENGARUH ELECTRONIC REFERRAL DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP NIAT BELI SMARTPHONE SAMSUNG DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI PEMEDIASI

Xaviera, Oriana (2021) PENGARUH ELECTRONIC REFERRAL DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP NIAT BELI SMARTPHONE SAMSUNG DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI PEMEDIASI. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Oriana Xaviera)
170323777 0.pdf

Download (822kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170323777 1.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170323777 2.pdf

Download (626kB) | Preview
[img] Text
170323777 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB)
[img] Text
170323777 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (989kB)
[img]
Preview
Text
170323777 5.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemajuan dan perkembangan dalam bidang teknologi dan informasi dengan efisiensi yang tinggi ditandai dengan revolusi industri 4.0 yang memanfaatkan hubungan internet dengan konsumen agar dapat terjalin secara jelas dan cepat untuk memperoleh informasi dan rekomendasi dalam bentuk e-referral dan e-WOM. Citra merek menjadi penentu dalam suatu produk, karena akan timbul perasaan saat menggunakan suatu merek. Dengan citra merek yang baik, membuat konsumen merasa puas dengan produk yang dibeli dan bahkan melakukan pembelian selanjutnya. Hal inilah yang melatarbelakangi penulis melakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh electronic referral dan electronic word of mouth terhadap niat beli dan untuk menguji citra merek sebagai pemediasi. Peneliti menggunakan produk merek Samsung sebagai objek dan mahasiswa pengguna produk merek Samsung diberbagai Universitas di Indonesia sebagai subjek. Peneliti melakukan survey dengan membagikan kuesioner online melalui google form dan diperoleh sebanyak 300 responden. Adapun metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Analisis data pada penelitian ini menggunakan structural equation modelling – partial least square kemudian mengolah data menggunakan SmartPLS versi 3.3.3. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa e-referral berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, e-referral berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek, e-WOM tidak berpengaruh terhadap niat beli, e-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli. Selain itu ditemukan bahwa, citra merek memiliki efek complementary partial mediation pada pengujian citra merek sebagai pemediasi e-referral dan citra merek memiliki efek indirect-only (full mediation) pada pengujian citra merek sebagai pemediasi e-WOM.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Electronic Referral, Electronic Word of Mouth, Niat Beli dan Citra Merek
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 14 Dec 2021 12:30
Last Modified: 14 Dec 2021 12:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25977

Actions (login required)

View Item View Item