NATHANIEL, EDWIN (2021) PEMBANGUNAN GAME EDUKASI UNTUK PENGENALAN RAMBU LALU LINTAS PADA ANAK SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (EDWIN NATHANIEL)
17 07 09134_0.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
17 07 09134_1.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
17 07 09134_2.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
17 07 09134_3.pdf Download (117kB) | Preview |
|
Text
17 07 09134_4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
17 07 09134_5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
17 07 09134_6.pdf Download (180kB) | Preview |
Abstract
Rambu lalu lintas merupakan papan yang berfungsi memperingatkan, melarang, memberi perintah, dan menunjukkan arah pengguna jalan. Saat ini, jumlah pelanggaran lalu lintas semakin meningkat seiring bertambahnya jumlah pengguna jalan. Pelanggaran rambu lalu lintas menjadi salah satu penyebab pelanggaran lalu lintas yang membahayakan diri sendiri dan pengendara lain. Pendidikan berlalu lintas pada usia dini diperlukan untuk mencegah peningkatan jumlah pelanggaran lalu lintas. Pembelajaran menggunakan media cetak seringkali susah dipahami oleh anak, maka diperlukan suatu media pembelajaran yang menyenangkan menggunakan game edukasi. Tujuan dari game edukasi ini adalah membantu anak untuk lebih memahami fungsi rambu. Anak yang telah mengerti arti rambu lalu lintas diharapkan dapat menerapkan di kehidupan nyata. Dalam merancang game, yang pertama dilakukan sebelum melakukan coding adalah menentukan story yang dibuat dalam bentuk storyboard. Aplikasi game ini dikembangkan menggunakan Unity 3D game engine menggunakan bahasa pemrograman C#, serta objek 3 dimensi dibuat menggunakan Blender. Dengan dikembangkannya game edukasi ini, penulis berharap semakin banyak masyarakat lebih memahami peraturan lalu lintas sejak dini. Dengan memahami peraturan lalu lintas, angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas diharapkan dapat semakin berkurang. Penulis juga berharap para pengguna jalan dapat memperoleh keamanan dan kenyamanan dalam berkendara di jalan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game edukasi, rambu lalu lintas, Unity 3D, C#, Blender |
Subjects: | Teknik Informatika > Soft Computing |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 15 Dec 2021 10:30 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 10:30 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26003 |
Actions (login required)
View Item |