ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TRANS JOGJA TERHADAP PENGGUNAAN SISTEM PEMBAYARAN ELEKTRONIK SMART

Aprilli, Dhea Indriani Putri (2021) ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TRANS JOGJA TERHADAP PENGGUNAAN SISTEM PEMBAYARAN ELEKTRONIK SMART. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Dhea Indriani Putri Aprilli)
171709344 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171709344 2.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
171709344 3.pdf

Download (429kB) | Preview
[img] Text
171709344 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text
171709344 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
171709344 6.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Smart Card pada Trans Jogja merupakan suatu inovasi metode pembayaran secara elektronik yang dikembangkan oleh Trans Jogja, yang bertujuan untuk mempermudah pengguna transportasi umum Trans Jogja dalam melakukan aktivitas pembayaran. Tentunya tingkat kepuasan pengguna Smart Card dapat mempengaruhi penerimaan dan penggunaan sistem pembayaran elektronik Smart Card pada Trans Jogja, agar pengguna dapat terus bertahan untuk menggunakan Trans Jogja sebagai moda transportasi umum dalam melakukan mobilitas di kota Jogja. Berdasarkan permasalahan tersebut dilakukan penelitian untuk menganalisis kepuasan pengguna dalam menggunakan sistem pembayaran elektronik Smart Card pada Trans Jogja. Dilakukan pengujian variabel dari model SERVQUAL yang digunakan untuk melihat kepuasan pengguna dalam menggunakan sistem pembayaran elektronik Smart Card pada Trans Jogja dengan menggunakan pendekatan teknik analisis PLS-SEM. Data yang dikumpulkan berasal dari pengguna Trans Jogja yang sedang ataupun pernah menggunakan metode pembayaran elektronik Smart Card, melalui pengambilan data dengan menyebarkan kuesioner yang mendapat sejumlah 100 buah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel reliability, assurance, dan empathy memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna. Sedangkan, untuk variabel tangible dan responsiveness tidak memberikan pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pengguna dalam menggunakan sistem pembayaran elektronik Smart Card pada Trans Jogja.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Smart Card; Trans Jogja; Model SERVQUAL; PLS-SEM;
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 20 Dec 2021 09:01
Last Modified: 20 Dec 2021 09:01
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26076

Actions (login required)

View Item View Item