USULAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) PADA TOKO ENDANG

SUSANTO, RUDY DWI (2021) USULAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) PADA TOKO ENDANG. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RUDY DWI SUSANTO)
TA_170609558 0.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TA 170609558 1.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TA_170609558 2.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text
TA 170609558 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text
TA_170609558 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
TA_170609558 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
TA_170609558 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TA_170609558 7.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Marketing Mix merupakan salah satu strategi yang dapat diterapkan pada ritel dengan tujuan untuk meningkatkan tingkat penjualan pada suatu ritel. Terdapat beberapa faktor dalam Marketing Mix yaitu product, price, promotion, dan people. Toko Endang merupakan toko sembako yang dimana toko tersebut menyediakan kebutuhan sehari-hari dengan harga yang cukup murah atau harga grosir. Pelanggan Toko Endang tidak setiap saat berbelanja kebutuhan di Toko Endang, melainkan juga terkadang berbelanja pada toko sembako lainnya yang berlokasi berdekatan dengan Toko Endang. Maka dari itu penjualan produk dan pendapatan pada Toko Endang tidak dapat terus menerus meningkat di setiap bulannya. Penelitian ini bertujuan untuk yaitu untuk memberikan usulan strategi (Marketing Mix) yang dapat diterapkan oleh pemilik Toko Endang sehingga dapat menambah jumlah pelanggan dan mempertahankan pelanggan tetap untuk berbelanja di Toko Endang yang dimana nantinya dapat meningkatkan penjualan produk di setiap bulannya. Strategi yang dapat diterapkan pada Toko Endang salah satunya adalah dengan menggunakan strategi Marketing Mix. Pada strategi tersebut menggunakan empat variabel yaitu product, price, promotion, dan people. Variabel-variabel tersebut nantinya dilakukan analisis dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling yang bertujuan untuk mengetahui apakah variabel tersebut dapat mempengaruhi keinginan beli customer atau tidak yang dimana nantinya variabel tersebut akan dijadikan dasar untuk menentukan strategi pemasaran pada Toko Endang. Pada penelitian ini tidak semua variabel yang terdapat pada Marketing Mix dapat berpengaruh signifikan dan positif terhadap keinginan beli pelanggan. Hanya terdapat dua variabel yang berpengaruh positif terhadap keinginan beli pelanggan Toko Endang yaitu variabel product dan price. Maka dari itu, peneliti menggunakan dua variabel tersebut sebagai dasar untuk menentukan strategi apa yang dapat digunakan oleh pemilik Toko Endang untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan mempertahankan pelanggan. Adapun strategi yang dapat diterapkan yaitu menyediakan lebih dari 40 macam jenis produk dengan minimal tiga merk berbeda untuk masing-masing produk, selalu mengecek ketersedian barang per periode, memiliki stok yang cukup untuk memenuhi permintaan pelanggan per periode, membuat flyer dan banner harga produk yang sedang promo, membuat kartu pelanggan (member), menyebarkan informasi mengenai harga-harga produk terbaru, memberikan harga produk yang lebih murah ketika membeli produk tersebut dengan jumlah yang cukup banyak memberikan pelayanan yang ramah dan cepat. Dengan adanya strategi tersebut diharapkan dapat meningkatkan jumlah pelanggan dan mempertahankan pelanggan yang berbelanja Di Toko Endang sehingga penjualan dan pendapatan Toko Endang dapat meningkat di setiap bulannya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Toko Endang, Marketing Mix, Pelanggan, Structural Equation Modeling.
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor 5 uajy
Date Deposited: 20 Dec 2021 14:35
Last Modified: 20 Dec 2021 14:35
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26092

Actions (login required)

View Item View Item