MOA, KAMILUS MARIANUS (2021) RISET PASAR PRODUK ROTI BERBAHAN DASAR SINGKONG. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (KAMILUS MARIANUS MOA)
141608112 1.pdf Download (859kB) | Preview |
|
|
Text
141608112 2.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
141608112 3.pdf Download (385kB) | Preview |
|
Text
141608112 4.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) |
||
Text
141608112 5.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
||
Text
141608112 6.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
141608112 7.pdf Download (439kB) | Preview |
Abstract
Produk roti berbahan dasar singkong merupakan produk yang dihasilkan oleh usaha kecil yang terletak di Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang. Pemilik usaha ini selalu memikirkan cara untuk meningkatkan daya saing produk rotinya. Bersumber pada pemasukan yang belum stabil, pemilik berusaha untuk mengenalkan dan menjual produk roti berbahan singkong pada masyarakat, khususnya anak muda. Penelitian ini difokuskan pada kebutuhan riset pasar untuk pemilik usaha dalam rangka melihat potensi pasar terhadap produk roti berbahan dasar singkong. Riset pasar dilakukan dengan menggunakan Lembar Kerja untuk mengidentifikasi target konsumen, dilanjutkan dengan menetapkan hipotesis uji dengan mempertimbangkan data sekunder yang terkait dengan tingkat kompetisi dan potensi industri makanan lokal. Pertanyaan yang dibangun ke dalam sebuah kuesioner akan menangkap minat pasar dan alternatif strategi pemasaran yang dibutuhkan oleh produk roti berbahan dasar singkong ini Metode analisis dilakukan melalui analisis tren, similaritas, kontradiksi, dan odd groupings terhadap data primer yang telah didapatkan melalui penyebaran kuesioner. Hasil riset pasar melalui analisis tren menunjukkan bahwa sebagian besar pelajar SMA di Kabupaten Magelang menyukai produk roti berbahan dasar singkong. Harga yang diinginkan oleh pelajar di Kabupaten Magelang sebesar <Rp 1.500,00. Melalui analisis similaritas ditunjukkan bahwa pelajar di Kabupaten Magelang menilai urutan kriteria dalam pemilihan produk roti adalah rasa, harga, bentuk, kemasan. Rasa roti yang paling digemari adalah rasa coklat. Melalui analisis odd grouping terdapat 30 responden yang tidak pernah membeli makanan di kantin sehingga pemilik usaha dapat mengembangkan usahanya di tempat yang lain juga.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | riset pasar , roti singkong, UMK |
Subjects: | Teknik Industri > Produksi |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > TI Pindahan ATMI |
Depositing User: | Editor 2 uajy |
Date Deposited: | 21 Dec 2021 09:07 |
Last Modified: | 21 Dec 2021 09:08 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26095 |
Actions (login required)
View Item |