PENGARUH SELEBRITI ENDORSEMENT PADA SIKAP KONSUMEN TERHADAP MEREK DAN NIAT PEMBELIAN PADA MIE SEDAAP KOREAN SELECTION

Christina, Estevania (2021) PENGARUH SELEBRITI ENDORSEMENT PADA SIKAP KONSUMEN TERHADAP MEREK DAN NIAT PEMBELIAN PADA MIE SEDAAP KOREAN SELECTION. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Estevania Christina)
170323466 0.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170323466 1.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170323466 2.pdf

Download (345kB) | Preview
[img] Text
170323466 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img] Text
170323466 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img]
Preview
Text
170323466 5.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari kepercayaan, keahlian, daya tarik, kemiripan, kesukaan, keakraban, dan kesesuaian produk/merek pada selebriti terhadap sikap konsumen dan niat pembelian pada Mie Sedaap Korean Selection. Objek dari penelitian ini adalah selebriti Korea Selatan, yaitu Choi Siwon. Choi Siwon adalah brand ambassador untuk produk Mie Sedaap. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner lewat Google Form yang diisi oleh 205 responden dan menghasilkan 203 data valid. Hasil data diolah dengan software SPSS 26.0 menggunakan analisis regresi linear berganda dan linear sederhana. Hasil yang diperoleh ada 3 faktor yang berpengaruh positif terhadap sikap konsumen yaitu ; kepercayaan, keahlian, dan kesesuaian selebriti dengan merek/produk yang diiklankan. Sedangkan 4 faktor lainnya tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap konsumen. Kepercayaan, keahlian, dan kesesuaian selebriti pada produk/merek mendukung selebriti untuk menyampaikan pesan iklan secara efektif dan membujuk sehingga dapat mempengaruhi sikap konsumen. Sikap konsumen juga berpengaruh positif terhadap niat pembelian pada Mie Sedaap Korean Selection. Semakin tinggi sikap konsumen pada produk Mie Sedaap akan semakin tinggi pula niat konsumen untuk membeli produk tersebut. Dengan demikian temuan ini membuktikan bahwa pemilihan selebriti sebagai brand ambassador harus dilakukan dengan teliti dan mempertimbangkan berbagai faktor agar dapat memberikan hasil yang efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Selebriti Endorsement (Celebrity Endorsement), Sikap Konsumen terhadap Merek (Costumer’s Attitude toward Brand), Niat Pembelian (Purchase Intention)
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 21 Dec 2021 12:22
Last Modified: 21 Dec 2021 12:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26102

Actions (login required)

View Item View Item