PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN YOUTUBE TERHADAP NIAT PEMBELIAN DENGAN KESADARAN MEREK DAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA IKLAN PRODUK ATAU JASA DI PLATFORM YOUTUBE)

Kartikayana, I Gede Bagus (2021) PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN YOUTUBE TERHADAP NIAT PEMBELIAN DENGAN KESADARAN MEREK DAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA IKLAN PRODUK ATAU JASA DI PLATFORM YOUTUBE). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (I Gede Bagus Kartikayana)
170323868 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
170323868 1.pdf

Download (734kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170323868 2.pdf

Download (725kB) | Preview
[img] Text
170323868 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (815kB)
[img] Text
170323868 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
170323868 5.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk melihat adanya pengaruh dari iklan YouTube pada Kesadaran Merek, Citra Merek, Niat Beli, serta melihat apakah varibel mediasi dapat menjadi mediator terhadap Niat Beli. Objek dari penelitian ini adalah Iklan YouTube. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah penguna YouTube yang berada di Indonesia. Responden yang terkumpul sebanyak 226 responden, akan tetapi hanya sebanyak 216 yang valid dan memenuhi kriteria. Teknik pengambilan sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling (nonprobability sampling), dan pengumpulan data melalui kuesioner yang dilakukan secara online. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan alat analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Iklan YouTube mempengaruhi Kesadaran Merek dan Citra Merek. Hasi tersebut menunjukkan apabila semakin baik dan menarik iklan yang di tanyangkan makan semakin tinggi Kesadaran Merek dan Cira Merek terhadap konsumen. Temuan lainnya adalah Kesadaran Merek tidak mempengaruhi Niat Beli sedangkan Citra Merek dan Iklan YouTube mempengaruhi Niat beli. Temuan ini menunjukkan bahwa perlu adanya peningkatan kesadaran merek oleh perusahaan pengiklan. Dari temuan tersebut juga didapat apabila iklan yang di muan dengan konten yang tepat sasaran dan memberikan citra yang baik terhadap perusahaan makan, niat beli konseumen pennguana YouTube akan meningkat. Dalam Hasil penelitian ini ditemukan bahwa Cita Merek memediasi antara Iklan YouTube dengan Niat Beli, sendangkan Kesadaran Merek tidak memediasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran YouTube (YouTube Ads), Kesadaran Merek (Brand Awareness), Citra Merek (Brand Image), Niat Beli (Purchase Intention)
Subjects: Manajemen > Operasi dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 03 Jan 2022 09:00
Last Modified: 03 Jan 2022 09:00
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26121

Actions (login required)

View Item View Item