PENGELOLAAN HANACARAKA FM SEBAGAI RADIO KOMUNITAS UNTUK PEMBERDAYAAN LINGKUNGAN MASYARAKAT WONOSARI

Irawan, Ridwan (2021) PENGELOLAAN HANACARAKA FM SEBAGAI RADIO KOMUNITAS UNTUK PEMBERDAYAAN LINGKUNGAN MASYARAKAT WONOSARI. S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Ridwan Irawan)
185502948_bab 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
185502948_bab 1.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
185502948_bab 2.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text
185502948_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text
185502948_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
185502948_bab 5.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

enelitian ini memiliki tujuan untuk mengeksplorasi pengelolaan Hanacaraka FM dalam isu pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Wonosari. Pada pembahasannya peneliti akan menjelaskan tentang proses pendirian Hanacaraka FM sebagai media yang memberikan ruang bagi masyarakat Wonosari untuk mendapatkan informasi terkait dengan isu lingkungan. Keunikan Hanacaraka FM sebagai radio komunitas yang bersifat lokal dan menggunakan bahasa lokal memungkinkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam menyiarkan acara-acara yang sesuai dengan permasalahan lingkungan. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Untuk mengetahui lebih dalam kasus tersebut maka peneliti akan menggunakan metode studi kasus. Dalam menentukan subjek yang akan diteliti, peneliti menggunakan teknik purposive sampling dalam memilih sumber informasi. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara dan observasi lapangan untuk mendapatkan data primer, kemudian untuk data sekunder peneliti mendapatkan foto dan artikel yang membahas tentang Hanacaraka FM. Hasil data yang didapat oleh peneliti kemudian dilakukan analisis untuk dapat mudah dipahami oleh pembaca. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Hanacaraka FM sebagai radio komunitas tetap pada fungsinya untuk mengedukasi masyarakat dan menjadi wadah informasi lingkungan hidup. Tidak terlepas dari isu lingkungan mereka memberdayakan banyak komunitas lingkungan yang terkait untuk saling mengedukasi masyarakat melalui Hanacaraka FM sebagai medianya. Hasil binaan mereka pun tetap pada isu lingkungan seperti Anak Pecinta Lingkungan Hidup (Apala Gunungkidul), UMKM dan Eco Energy. Hal tersebut menjadikan Hanacaraka FM tetap berorientasi pada masalah komunitas yang terfokus dengan Lingkungan untuk lebih berdaya. Hanacaraka FM telah berhasil membina kampung edukasi untuk lebih mandiri. Para warga di desa Ngemplek disibukan dengan berbagai kegiatan yang dijalankan oleh Hanacaraka FM.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Hanacaraka FM, Radio Komunitas, Kampung Edukasi Eco Energi, Pemberdayaan, Komunikasi Pembangunan.
Subjects: Magister Ilmu Komunikasi > Manajemen Media Digital
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 03 Feb 2022 19:19
Last Modified: 03 Feb 2022 19:19
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26177

Actions (login required)

View Item View Item