PENGHIDUPAN BERKELANJUTAN BERBASIS USAHA KOPI DI DESA UMBULHARJO, CANGKRINGAN, SLEMAN, DIY

Sriyono, Ganish Giovanni (2021) PENGHIDUPAN BERKELANJUTAN BERBASIS USAHA KOPI DI DESA UMBULHARJO, CANGKRINGAN, SLEMAN, DIY. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Ganish Giovanni Sriyono)
151005731_bab 0.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
151005731_bab 1.pdf

Download (651kB) | Preview
[img] Text
151005731_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[img] Text
151005731_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB)
[img]
Preview
Text
151005731_bab 4.pdf

Download (583kB) | Preview

Abstract

Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan secara administratif termasuk dalam wilayah Kabupaten Sleman. Secara geografis, Kecamatan Cangkringan terletak di Kawasan Rawan Bencana (KRB). Dengan memanfaatkan kekayaan alam serta merupakan daerah tujuan wisata, petani kopi di daerah wisata di lereng Gunung Merapi mengambil peluang bisnis usaha Kopi Merapi. Penelitian ini dilakukan pada usaha kopi di Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Provinsi DIY. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aset apa saja yang dimiliki oleh pengusaha kopi di Desa Umbulharjo, apa saja kerentanan yang mengancam usaha kopi di daerah KRB, bagaimana mereka mengupayakan penghidupan berkelanjutan (sustainable livelihood) dan apa saja dampak (outcames) yang diperoleh dalam usaha kopi mereka. Data dalam penelitian kualitatif ini dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara terhadap pengusaha kopi di Desa Umbulharjo dan studi pustaka. Hasil penelitian diketahui bahwa pengusaha kopi di Desa Umbulharjo memiliki lima modal (pentagonal aset) yang digunakan secara optimal untuk proses usaha berbasis kopi dalam kerangka penghidupan berkelanjutan (Sustainable Livelihood Framework). Ancaman/bahaya di lokasi lahan kopi di daerah KRB III yang tinggi saat terjadi erupsi Merapi, menyebabkan tingkat kerentanan yang tinggi juga. Namun pasca terjadi erupsi Merapi, abu vulkanik yang tertinggal di lahan kopi menjadi pupuk organik yang menyuburkan tanah dan memberikan aroma dan citarasa kopi yang khas, yang tidak dimiliki oleh pengusaha kopi di daerah lainnya. Dan mereka terus melakukan perbaikan dengan menambah pengetahuan dan pengalaman untuk meningkatkan kualitas produk biji/bubuk kopi maupun racikan minuman kopi agar bisa menarik jumlah pelanggan lebih banyak lagi. Dan pada akhirnya akan meningkatkan penghasilan pokok dan kesejahteraan pengusaha kopi di Desa Umbulharjo dan keluarga mereka, sehingga penghidupan keluarga mereka tetap dapat berkelanjutan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pentagonal Aset, Kawasan Rawan Bencana (KRB), kerentanan, penghidupan berkelanjutan (sustainable livelihood), usaha kopi.
Subjects: Sosiologi > Business
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 07 Feb 2022 17:51
Last Modified: 07 Feb 2022 17:51
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26194

Actions (login required)

View Item View Item