FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI TERHADAP KEPERCAYAAN MEREK DALAM JARINGAN (STUDI KASUS PADA FORUM JUAL BELI WWW.KASKUS.US)

Tarigan, Andreawan (2011) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI TERHADAP KEPERCAYAAN MEREK DALAM JARINGAN (STUDI KASUS PADA FORUM JUAL BELI WWW.KASKUS.US). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0EM15771.pdf

Download (775kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1EM15771.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2EM15771.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3EM15771.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text (Bab IV)
4EM15771.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
5EM15771.pdf

Download (456kB) | Preview

Abstract

Forum kaskus.us merupakan salah satu forum online terbesar di Indonesia yang memberikan fasilitas jual beli kepada anggotanya. Mengingat pentingnya keamanan (security), kerahasiaan (privacy), (brand name), pengalaman (experience), dan informasi (information) bagi perdagangan secara online untuk dapat bertahan dan meningkatkan kepercayaan konsumen serta meningkatkan eksistensi forum kaskus, maka perneliti tertarik untuk menelaah, menganalisa, dan mencari pengaruh dari keamanan (security), kerahasiaan (privacy), brand name, pengalaman (experience), dan informasi (information) terhadap brand trust atau kepercayaan konsumen terhadap bisnis secara online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktorfaktor yang terkait dalam pembelian online atau transaksi digital seperti: security, privacy, brand name, experience, dan information terhadap brand trust dari FJB Kaskus secara simultan dan parsial, serta untuk mengetahui faktor yang paling dominan mempengaruhi brand trust dari FJB Kaskus diantara faktor-faktor tersebut Populasi penelitian ini adalah seluruh anggota forum kaskus.us yang merupakan pelanggan dalam perdagangan secara online melalui internet. Untuk efesiensi waktu, biaya dan tenaga akan dilakukan sampling terhadap populasi. Dalam penelitian ini, penulis memilih teknik pemilihan sampel nonprobabilitas dengan metode convenience sampling. Melalui metode sampling, peneliti memilih 100 orang anggota forum kaskus.us yang dijadikan sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner melalui internet. Taknik análisis data yang dilakukan peneliti meliputi análisis regresi, uji F, uji t, dan uji determinasi. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa faktor-faktor keamanan (security), kerahasiaan (privacy), brand name, pengalaman (experience), dan informasi (information) berpengaruh posistif terhadap brand trust forum online www.kaskus.us. Dari uji f dapat diketahui bahwa secara bersamaan, keamanan (security), kerahasiaan (privacy), brand name, pengalaman (experience), dan informasi (information) memiliki pengaruh signifikan terhadap brand trust forum online www.kaskus.us. Hasil uji t membuktikan bahwa variabel yang memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap brand trust forum online www.kaskus.us adalah variabel informasi. Selain itu, pengaruh informasi juga merupakan pengaruh yang paling dominan terhadap brand trust terhadap forum online www.kaskus.us.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: security, privacy, brand name, experience, information, brand trust
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 28 Jun 2013 12:59
Last Modified: 28 Jun 2013 12:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2622

Actions (login required)

View Item View Item