PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI BARU OLEH BIGISSIMO.ID DI MASA PANDEMI

SIDAURUK, KATLY NOVITA (2021) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI BARU OLEH BIGISSIMO.ID DI MASA PANDEMI. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KATLY NOVITA SIDAURUK)
16 09 06001 0.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 09 06001 1.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 09 06001 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
16 09 06001 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB)
[img]
Preview
Text
16 09 06001 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Media sosial atau new media adalah media yang menawarkan interaktivitas yang memungkinkan setiap pengguna dari new media memiliki pilihan informasi yang dapat dikonsumsi. Komputer dan internet merupakan bentuk nyata dari hasil revolusi komunikasi yang paling banyak dibutuhkan oleh masyarakat saat ini . masyarakat dapat mengakses informasi yang dapat berkomunikasi dengan sesamanya melalui media yang terkoneksi dengan jaringan internet. Karena ini masih masa pandemi banyak orang lebih beraktivitas melalui smartphone atau alat komunikasi yang digunakan untuk penyampaian pesan. Pandemi menjadi halangan bagi setiap penjual online shop. Terutama Bigissimo perusahaan yang memasarkan pakaian bigsize khususnya untuk wanita. Bigissimo melakukan promosi dengan alat yang sangat cepat dalam penyampaian informasi untuk konsumen. Bigissimo juga mengikuti keadaan dimasa pandemi. Karena Media sosial yang banyak digunakan pada masa pandemi yaitu “Tiktok”. Tiktok menjadi media promosi paling banyak dipakai untuk penyampaian pesan secara cepat dalam penyebarannya. Melakukan segala aktivitas hanya bisa dirumah saja, Bigissimo menyesuaikan untuk para konsumen yang hanya bisa bekerja dirumah saja atau secara daring. Tujuan peneliti melihat bagaimana Bigissimo menggunakan Tiktok menjadi alat pemasaran yang bermanfaat dalam penyebaran informasi. Peneliti juga meneliti pesan yang disampaikan Bigissimo melalui akun Tiktoknya. Pesan tersebut berupa caption, hastag, music dan pakaian atau konsep yang digunakan oleh Bigissimo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data yang dipakai adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Penelitian juga menggunakan Komunikasi Pemasaran dan dihubungkan dengan Akun Tiktok Bigissimo. Berdasarkan hasil yang diperoleh bahwa Bigissimo menggunakan teknik Bauran Pemasaran dalam melakukan penjualan secara langsung melalui Tiktok Bigissimo. Adanya penetapan harga, Bigisismo menjadikan Tiktok seabagai lokasi yang strategi, Produk yang digunakan sesuai dengan konsep, Bigissimo melakukan promosi dengan penggunaan media sosial

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: new media, pandemi, Tiktok, Komunikasi Pemasaran, Bigissimo
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 09 Feb 2022 10:33
Last Modified: 09 Feb 2022 10:33
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26227

Actions (login required)

View Item View Item