PENGARUH MOTIVASI KONSUMEN TERHADAP NIAT BELI ONLINE YANG DIMEDIASI OLEH SIKAP KONSUMEN TERHADAP PEMASARAN MEDIA SOSIAL (STUDI PADA KONSUMEN DAZZLE)

Nugraha, Yustinus Indra (2021) PENGARUH MOTIVASI KONSUMEN TERHADAP NIAT BELI ONLINE YANG DIMEDIASI OLEH SIKAP KONSUMEN TERHADAP PEMASARAN MEDIA SOSIAL (STUDI PADA KONSUMEN DAZZLE). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Yustinus Indra Nugraha)
160322806_0.pdf

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160322806_1.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160322806_2.pdf

Download (377kB) | Preview
[img] Text
160322806_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img] Text
160322806_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
160322806_5.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi yang ada pada konsumen yang meliputi motivasi utilitarian, motivasi hedonis ,dan motivasi personalisasi konten mendorong niat pembelian secara online diDazzle yang dimediasi oleh sikap konsumen terhadap pemasaran media sosial yang dilakukan Dazzle di akun Instagram. Subjek penelitian yang digunakan adalah konsumen yang mengetahui tentang akun Instagram milik Dazzle yang mengikuti akun Instagram Dazzle dan objek pada penelitian adalah ini niat beli online konsumen terhadap promosi diakun Instagram Dazzle sebagai variabel dependen dengan motivasi utilitarian, hedonis, dan personalisasi konten sebagai variabel independen. Peneliti melakukan survei dengan membagikan kuesioner secara online dalam bentuk google form sehingga responden yang didapatkan pada penelitian sebanyak 304 responden, akan tetapi yang memenuhi kriteria pada penelitian sebesar 275 responden. Sampel pada penelitian ini diambil dengan menggunakan purposive sampling. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan SEM (Structural Equation Modeling), yang dioperasikan dengan program IBM SPSS AMOS 22. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa motivasi konsumen yang meliputi motivasi hedonis dan motivasi personalisasi konten mempunyai pengaruh terhadap sikap konsumen terhadap pemasaran media sosial, tetapi motivasi utilitarian tidak berpengaruh terhadap sikap konsumen terhadap pemasaran media sosial. Selain itu motivasi hedonis dan motivasi personalisasi konten mempunyai pengaruh terhadap Niat beli online dan motivasi utilitarian tidak berpengaruh pada niat beli online konsumen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi utilitarian, Motivasi Hedonis, Motivasi Personalisasi Konten, Sikap Konsumen terhadap Pemasaran Media Sosial, dan Niat Beli Online.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 09 Feb 2022 10:42
Last Modified: 09 Feb 2022 10:42
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26229

Actions (login required)

View Item View Item