TINJAUAN YURIDIS TERHADAP MATERI MUATAN PERATURAN GUBERNUR BALI NOMOR 1 TAHUN 2020 TENTANG TATA KELOLA MINUMAN FERMENTASI DAN/ATAU DESTILASI KHAS BALI DALAM PERSPEKTIF HAK EKONOMI, SOSIAL, DAN BUDAYA MASYARAKAT BALI

Pradnyandita, I Dw Made Rama (2022) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP MATERI MUATAN PERATURAN GUBERNUR BALI NOMOR 1 TAHUN 2020 TENTANG TATA KELOLA MINUMAN FERMENTASI DAN/ATAU DESTILASI KHAS BALI DALAM PERSPEKTIF HAK EKONOMI, SOSIAL, DAN BUDAYA MASYARAKAT BALI. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (I Dw Made Rama Pradnyandita)
180513237_bab 0.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180513237_bab 1.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text
180513237_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text
180513237_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yakni untuk mengetahui mengapa dalam pengaturan Minuman Fermentasi dan/atau Destilasi Khas Bali menggunakan Peraturan Perundang-undangan berupa Peraturan Gubernur serta untuk mengetahui bagaimana pengaturan mengenai Minuman Fermentasi dan/atau Destilasi Khas Bali melindungi Hak Ekonomi, Sosial, dan Budaya Masyarakat di Bali. Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah sebagai perkembangan dalam bidang Ilmu Hukum khususnya dalam bidang Ilmu Hukum Tata Negara dalam kaitannya Peraturan dan/atau Kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah Provinsi Bali. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Normatif Yuridis yaitu Peraturan Perundang-undangan sebagai bahan hukum primer dan buku, pendapat para ahli, serta narasumber sebagai bahan hukum sekunder. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa penggunaan Peraturan Gubernur dalam pengaturan mengenai Minuman Fermentasi dan/atau Destilasi Khas Bali yaitu karena Gubernur sebagai Kepala Daerah memiliki kewenangan dalam membentuk suatu Peraturan Perundang-undangan berupa Peraturan Gubernur serta dalam rangka melestarikan dan melindungi nilai-nilai budaya yang ada secara turun-temurun didalam masyarakat Bali. Dengan dibentuknya Peraturan Gubernur Bali No. 1 Tahun 2020 Tentang Tata Kelola Minuman Fermentasi dan/atau Destilasi Khas Bali dapat melindungi Hak Ekonomi, Sosial, dan Budaya Masyarakat di Bali.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peraturan Gubernur, Minuman Fermentasi dan/atau Destilasi Khas Bali, Melindungi Hak Ekonomi, Sosial, dan Budaya.
Subjects: Ilmu Hukum > Kenegaraan dan Pemerintah
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 03 Mar 2022 14:10
Last Modified: 03 Mar 2022 14:10
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26495

Actions (login required)

View Item View Item