NUGRAHENI, MARIA NATASIA WURI (2021) PENERAPAN ANALISIS SWOT UNTUK MERANCANG UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN KEDAI KOPI GUSTI. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (MARIA NATASIA WURI NUGRAHENI)
140608042 0.pdf Download (421kB) | Preview |
|
|
Text
140608042 1.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
140608042 2.pdf Download (225kB) | Preview |
|
Text
140608042 3.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
||
|
Text
140608042 4.pdf Download (450kB) | Preview |
|
|
Text
140608042 5.pdf Download (263kB) | Preview |
Abstract
Kedai Kopi Gusti merupakan usaha yang bergerak di bidang kuliner yang mengelola minuman dengan produk yaitu kopi. Untuk meningkatkan hasil penjualan dan menyebarkan informasi produk yang mereka tawarkan kepada masyarakat adalah salah satu fokus utama strategi pemasaran yang tepat. Kedai Kopi harus memiliki strategi yang tepat untuk menghadapi perubahan-perubahan lingkungan bisnis yang berubah-ubah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan Kedai Kopi Gusti dengan menggunakan analisis SWOT. Analisis SWOT ini diidentifikasikan dari berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Dengan menggunakan analisis SWOT ini akan diperoleh beberapa alternatif strategi yang saling memiliki keterkaitan antar alternatif, namun alternatif yang diperoleh perlu ditingkatkan karena kepentingan dari tiap alternatif berbeda. Hasil dari penelitian ini, Kedai Kopi Gusti berada di titik koordinat pada posisi Kuadran I, ialah situasi yang menguntungkan di mana Kedai Kopi Gusti memiliki kekuatan dan peluang yang dapat dimanfaatkan sehingga cocok menggunakan strategi SO atau Strength Opportunities untuk mengembangkan usaha tersebut dan didukung oleh strategi pertumbuhan agresif atau Growth Oriented Strategy. Hasil dari perhitungan IFAS didapatkan hasil kondisi internal Kedai Kopi Gusti. Kondisi internal memperoleh skor untuk faktor kekuatan sebesar 2,50 dan faktor kelemahan sebesar 0,43 dengan nilai total skor tabel IFAS sebesar 2,93 yang menunjukkan bahwa faktor internal Kedai Kopi Gusti relatif sedang dalam memanfaatkan berbagai macam kekuatan yang dimiliki. Pada hasil perhitungan EFAS didapatkan hasil kondisi eksternal Kedai Kopi Gusti dengan skor untuk faktor peluang sebesar 1,61 dan faktor ancaman sebesar 0,78 dengan nilai total skor tabel EFAS sebesar 2,40 yang menunjukkan bahwa Kedai Kopi Gusti memiliki posisi eksternal rata-rata dalam mengelola peluang dan mengatasi ancaman.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi pemasaran, SWOT, IFAS, EFAS |
Subjects: | Teknik Industri > Sistem Kerja |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Editor 4 uajy |
Date Deposited: | 11 Mar 2022 15:21 |
Last Modified: | 11 Mar 2022 15:21 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26597 |
Actions (login required)
View Item |