PENGARUH TINGKAT TERPAAN IKLAN DAN TINGKAT AWARENESS MEREK TERHADAP SIKAP PADA MEREK ZEE (Studi Eksplanatif Kuantitatif Tingkat Terpaan Iklan Spot dan Sponsorship Zee dalam Acara Televisi Indonesia Mencari Bakat dan Tingkat Awareness Merek terhadap Sikap Konsumen pada Merek Zee oleh Siswa SMP Negeri 5 Depok)

Marthasari, Yosefha Reza Erlina (2012) PENGARUH TINGKAT TERPAAN IKLAN DAN TINGKAT AWARENESS MEREK TERHADAP SIKAP PADA MEREK ZEE (Studi Eksplanatif Kuantitatif Tingkat Terpaan Iklan Spot dan Sponsorship Zee dalam Acara Televisi Indonesia Mencari Bakat dan Tingkat Awareness Merek terhadap Sikap Konsumen pada Merek Zee oleh Siswa SMP Negeri 5 Depok). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03468.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03468.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM03468.pdf
Restricted to Registered users only

Download (969kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM03468.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03468.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses perkenalan produk oleh produsen melalui sentuhan media periklanan komersial disebut dengan terpaan iklan (exposure). Kegiatan pemasaran dan periklanan inilah yang membuat produsen harus pintar dalam menempatkan produknya agar sesuai target konsumen. Terpaan iklan produk dalam televisi yang ditayangkan berulang-ulang akan membentuk kesadaran pada konsumen. Setelah timbul kesadaran dalam benaknya, kemudian akhirnya menimbulkan sikap pada merek, sikap yang berupa positif atau negatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklan Zee yang ditayangkan pada progam televisi Indonesia Mencari Bakat yang dibintangi oleh Brandon ternyata mampu menciptakan brand awareness pada konsumen. Hal ini membuktikan salah satu fungsi iklan yaitu sebagai reminder sehingga iklan mampu mengingatkan dan semakin meneguhkan terhadap produk yang diiklankan.Brand awareness produk Zee yang diiklankan pada acara Indonesia Mencari Bakat secara nyata mampu berpengaruh pada sikap konsumen pada merek. Ditunjukkan bahwa setelah menonton iklan dan tingkat awareness konsumen semakin tinggi, berdampak target market menjadi terpengaruh dan menimbulkan sikap pada merek. Seperti yang dikatakan pada teori Kultivasi dimana televisi sangat membentuk realitas sosial mereka, dalam hal ini dalam sikap konsumen terhadap merek, konsumen dapat mengevaluasi merek itu baik atau tidak untuk mereka. Hasil studi ini diharapkan berguna bagi pihak-pihak yang membutuhkan misalnya bagi perusahaan, diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan dan bahan pertimbangan seberapa kuat pengaruh dari iklan TVC Zee Body Bone versi Brandon yang ditayangkan dapat membentuk kesadaran bagi konsumen dengan tingkat awareness yang tinggi dan berpengaruh pula terhadap sikap konsumen pada merek.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Terpaan Iklan, Tingkat Awareness, dan Sikap Konsumen pada Merek.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Apr 2013 09:57
Last Modified: 01 May 2013 10:38
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/267

Actions (login required)

View Item View Item