JURNALISME SAINS DAN COVID – 19 (Studi Analisis Isi Kuantitatif Berbasis Perspektif Jurnalisme Sains pada Berita Vaksin Covid-19 Di Media Kompas.com Edisi Januari – Februari 2021)

SUDJIATMAJA, ANDREA AURELIA CRYSANTA (2022) JURNALISME SAINS DAN COVID – 19 (Studi Analisis Isi Kuantitatif Berbasis Perspektif Jurnalisme Sains pada Berita Vaksin Covid-19 Di Media Kompas.com Edisi Januari – Februari 2021). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANDREA AURELIA CRYSANTA SUDJIATMAJ)
17 09 06216 0.pdf

Download (810kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 09 06216 1.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 09 06216 2.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text
17 09 06216 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
17 09 06216 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Liputan terkini perkembangan vaksin Covid-19 terus disorot awak media online di Indonesia dan menjadi isu utama di awal tahun 2021. Sederet informasi proses persiapan vaksinasi hingga rumor dan klaim buruk atas vaksin mewarnai pemberitaan di media. Salah satu media yang memberitakan isu vaksin adalah Kompas.com. Upaya komunikasi dan edukasi vaksin yang komprehensif diperlukan untuk menyeimbangkan keragaman narasi vaksin sehingga masyarakat mampu menilai vaksin dengan objektif dan meningkatkan tingkat pnerimaan vaksin Demi menerangkan studi vaksin yang termasuk dalam disiplin ilmu kedokteran, kesehatan dan biologi, maka dibutuhkan perliputan berita sains secara khusus. Jurnalisme sains merupakan aliran jurnalisme yang secara khusus berkaitan dengan terobosan dan proses ilmiah untuk mencari jalan keluar berbasis sains. Jurnalisme sains menjadi kaidah penghubung antara ilmuwan dengan masyarakat untuk mentransmisi informasi vaksin yang lebih komprehensif berlandaskan sains. Maka penelitian ini hendak meneliti implementasi Jurnalisme Sains pada pemberitaan vaksin Covid-19 di Kompas.com. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif dengan mengambil populasi penelitian kumpulan berita vaksin Covid-19 pada Kompas.com edisi Januari – Februari 2021. Sampel penelitian mengambil 10% dari populasi menggunakan rumus Slovin. Unit analisis isi diturunkan dari teori jurnalisme sains ke dalam 11 kategorisasi dan telah dilakukan uji reliabilitas terhadap dua coder sebelum tahap pengambilan data. Data penelitian berasal dari hasil pengkodingan yang kemudian diolah menggunakan tabel distribusi frekuensi untuk lebih lanjut dijabarkan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa Kompas.com belum sepenuhnya optimal menerapkan jurnalisme sains di berita vaksin Covid-19. Masih ditemukan berita dengan perbedaan kedalaman penulisan berita sains, belum melakukan kritik terhadap penelitian ilmiah, tidak menjelaskan istilah ilmiah, menggunakan narasumber tunggal dan idak lengkap mencantumkan usnur 5W + 1H. Maka Kompas.com perlu untuk lebih mengoptimalkan strandar penulisan berita sains pada setiap beritanya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Vaksin Covid-19, Jurnalisme Sains, Berita Sains, Kompas.com
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 11 May 2022 12:28
Last Modified: 11 May 2022 12:28
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26726

Actions (login required)

View Item View Item