PENEGAKAN HUKUM OLEH POLISI TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA KEKERASAN SEKSUAL DENGAN KORBAN ANAK-ANAK( STUDI DI POLRES MANGGARAI)

Maundur, Sesarius O S (2022) PENEGAKAN HUKUM OLEH POLISI TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA KEKERASAN SEKSUAL DENGAN KORBAN ANAK-ANAK( STUDI DI POLRES MANGGARAI). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Sesarius O S Maundur)
150512147_bab 0.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150512147_bab 1.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text
150512147_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img]
Preview
Text
150512147_bab 3.pdf

Download (294kB) | Preview

Abstract

Tindak pidana kekerasan seksual terhadap anak merupakah sebuah kejahatan kemanusiaan yang melibatkan anak sebagai pelaku maupun korban. Penegakan hukum tindak pidana kekerasan seksual terhadap anak haruslah berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku sehingga melahirkan keadilan. Peningkatan kasus kekerasan seksual terhadap anak yang terjadi beberapa tahun terakhir menunjukan adanya permasalahan terhadap penegakan hukum. Hal inilah yang melatarbelakangi penulis untuk melakukan penulisan hukum terkait tindak pidana kejahatan kekerasan seksual terhadap anak di wilayah Polres Manggarai. Adapun metode penelitian yang penulis gunakan dalam penulisan hukum ini adalah penelitian hukum empiris. Pengambilan data penelitian di Polres Manggarai dilakukan melalui wawancara dengan Kepala Unit Perlindungan Perempuan dan Anak, Dari penelitian tersebut penulis melakukan analisis menggunakan peraturan perundang–undangan yang berkaitan dengan tindak pidana Kekerasan seksual terhadap anak. Berdasarkan hasil penelitian, penegakan hukum terhadap tindak pidana kekerasan seksual terhadap anak yang dilakukan oleh Polres Manggarai berpedoman pada ketentuan peraturan perundang–undangan yang mengatur mengenai tindak pidana terkait. Upaya yang dilakukan oleh Polres Manggarai dalam penangangan kejahatan ini dilakukan dengan cara preventif dan represif. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah agar penegakan hukum dan penanganan yang maksimal, dibutuhkan pembaharuan hukum terkait lama dan besaran pemidanaan terhadap pelaku. Selain itu untuk menghindari kerugian dan dampak yang ditimbulkan kepada korban serta masyarakat pada umumnya, peningkatan dan pengembangan sistem kerjasama dan kordinasi antara pemerintah, kepolisisan, dan seluruh lapisan masyarakat Manggarai harus terus dilakukan sehingga melahirkan kenyamanan dan keamanan dalam masyarakat Manggarai.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penegakan Hukum, Tindak Pidana Kekerasan Seksual Terhadap Anak, Polres Manggarai.
Subjects: Ilmu Hukum > Peradilan dan Penyelesaian Sengketa Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 11 May 2022 13:34
Last Modified: 11 May 2022 13:34
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26732

Actions (login required)

View Item View Item