KEBIJAKAN PERIZINAN BERUSAHA PASCA TERBITNYA PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 5 TAHUN 2021 TERHADAP PENYELENGGARAAN PERIZINAN DI KOTA YOGYAKARTA

Permatasari, .Alexandra Lydia Diella (2022) KEBIJAKAN PERIZINAN BERUSAHA PASCA TERBITNYA PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 5 TAHUN 2021 TERHADAP PENYELENGGARAAN PERIZINAN DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Alexandra Lydia Diella Permatasari)
180512999_bab 0.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180512999_bab 1.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text
180512999_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)
[img]
Preview
Text
180512999_bab 3.pdf

Download (294kB) | Preview

Abstract

Perizinan merupakan alat kebijakan pemerintah baik di pusat maupun daerah untuk mengendalikan eksternalitas negatif yang dapat ditimbulkan karena kegiatan sosial maupun ekonomi. Izin sebagai alat untuk perlindungan hukum atas kepemilikan atau penyelenggaraan kegiatan. Perizinan membutuhkan objektivitas yang jelas serta tertulis pada kebijakan pemerintah sebagai sebuah acuan. Perizinan mengalami perubahan seiring dengan perkembangnya zaman. Diadakan sistem perizinan elektronik untuk memudahkan pengurusan izin diharapkan dapat memberi kemudahan untuk masyarakat pelaku usaha supaya antusias saat mengurus izin usaha. Didasarkan pada hal tersebut pemerintah menerbitkan sistem pendaftaran perizinan berbasis elektronik yang disebut dengan online single submission. Sistem online single submission memerlukan adaptasi dalam pelaksanaan baik terhadap pelaku usaha maupun perangkat daerah, khususnya dalam hal ini Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Yogyakarta. Penelitian dilakukan menggunakan metode normatif dengan melakukan wawancara beberapa narasumber dan analisis data. Hasil dari olah data ditemukan bahwa ada perubahan terhadap struktur tatanan organisasi, pemisahan pengurusan perizinan serta kendala yang masih dirasakan oleh para pihak. Penulis merekomendasikan untuk pemerintah Kota Yogyakarta segera melakukan penyesuaian sistem dan prosedur karena terbitnya peraturan daerah yang baru saja dikeluarkan pada ahkir Desember 2021.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perizinan Berusaha, Online Single Submission, Kebijakan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Yogyakarta.
Subjects: Ilmu Hukum > Kenegaraan dan Pemerintah
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 12 May 2022 14:10
Last Modified: 12 May 2022 14:10
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26762

Actions (login required)

View Item View Item