WIDISANTI, BRIGITA ARCCITA (2022) PENYUSUNAN PESAN PERSUASIF “FRONT OF HOUSE ENTERTAINMENT” DALAM MEMPROMOSIKAN EVENT GOOD VIBES FESTIVAL MELALUI INSTAGRAM. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (BRIGITA ARCCITA WIDISANTI)
170906248 0.pdf Download (534kB) | Preview |
|
|
Text
170906248 1.pdf Download (649kB) | Preview |
|
|
Text
170906248 2.pdf Download (586kB) | Preview |
|
Text
170906248 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
170906248 4.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada aspek penyusunan pesan persuasif yang dilakukan oleh FOH Entertainment dalam mempromosikan event Good Vibes Festival melalui Instagram. Pesan persuasif merupakan pesan yang sengaja diciptakan persuader untuk mempengaruhi persuadee, dalam artian pesan dirancang untuk membentuk perubahan pada diri khalayak sasaran. Pesan bekerja untuk menggerakkan khalayak sasaran, dengan cara mengubah sikap, nilai dan keyakinan individu. Hal tersebut dicapai dengan mentransmisikan pesan pada khalayak sasaran dalam situasi yang bebas paksaan. Adapun, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara terperinci aspek penyusunan pesan persuasif yang dilakukan oleh FOH Entertainment dalam mempromosikan event Good Vibes Festival melalui Instagram. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, sehingga hasil akhir penelitian diharapkan dapat memberikan penjelasan yang komprehensif terkait penyusunan pesan persuasif yang dilakukan oleh FOH Entertainment. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, pesan persuasif FOH Entertainment disusun melalui tahapan berikut: survei lapangan pada subjek terpilih, perincian tujuan berdasarkan fakta di lapangan dan penyusunan strategi komunikasi. Survei lapangan menghasilkan tema pesan yang merupakan inti pesan persuasif. Inti pesan tersebut kemudian dikembangkan menjadi tiga kategori pesan persuasif: konten adaptif, konten marketing dan konten selling. Kategorisasi pesan dimaksudkan untuk membagi pesan berdasarkan tujuan spesifik yang ingin dicapai pada periode waktu tertentu. Adapun, pesan persuasif tersebut disusun dengan memperhatikan strukturasi pesan (inti pesan), pengembangan isi pesan yang berorientasi pada tujuan serta penggayaan bahasa, untuk mendorong tercapainya tujuan komunikasi yang dilakukan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Persuasif, Strategi Komunikasi Persuasif, Penyusunan Pesan Persuasif |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor 6 uajy |
Date Deposited: | 17 May 2022 11:02 |
Last Modified: | 17 May 2022 11:02 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26787 |
Actions (login required)
View Item |