PENYUSUNAN PESAN PERSUASIF “FRONT OF HOUSE ENTERTAINMENT” DALAM MEMPROMOSIKAN EVENT GOOD VIBES FESTIVAL MELALUI INSTAGRAM

WIDISANTI, BRIGITA ARCCITA (2022) PENYUSUNAN PESAN PERSUASIF “FRONT OF HOUSE ENTERTAINMENT” DALAM MEMPROMOSIKAN EVENT GOOD VIBES FESTIVAL MELALUI INSTAGRAM. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BRIGITA ARCCITA WIDISANTI)
170906248 0.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906248 1.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906248 2.pdf

Download (586kB) | Preview
[img] Text
170906248 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
170906248 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berfokus pada aspek penyusunan pesan persuasif yang dilakukan oleh FOH Entertainment dalam mempromosikan event Good Vibes Festival melalui Instagram. Pesan persuasif merupakan pesan yang sengaja diciptakan persuader untuk mempengaruhi persuadee, dalam artian pesan dirancang untuk membentuk perubahan pada diri khalayak sasaran. Pesan bekerja untuk menggerakkan khalayak sasaran, dengan cara mengubah sikap, nilai dan keyakinan individu. Hal tersebut dicapai dengan mentransmisikan pesan pada khalayak sasaran dalam situasi yang bebas paksaan. Adapun, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara terperinci aspek penyusunan pesan persuasif yang dilakukan oleh FOH Entertainment dalam mempromosikan event Good Vibes Festival melalui Instagram. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, sehingga hasil akhir penelitian diharapkan dapat memberikan penjelasan yang komprehensif terkait penyusunan pesan persuasif yang dilakukan oleh FOH Entertainment. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, pesan persuasif FOH Entertainment disusun melalui tahapan berikut: survei lapangan pada subjek terpilih, perincian tujuan berdasarkan fakta di lapangan dan penyusunan strategi komunikasi. Survei lapangan menghasilkan tema pesan yang merupakan inti pesan persuasif. Inti pesan tersebut kemudian dikembangkan menjadi tiga kategori pesan persuasif: konten adaptif, konten marketing dan konten selling. Kategorisasi pesan dimaksudkan untuk membagi pesan berdasarkan tujuan spesifik yang ingin dicapai pada periode waktu tertentu. Adapun, pesan persuasif tersebut disusun dengan memperhatikan strukturasi pesan (inti pesan), pengembangan isi pesan yang berorientasi pada tujuan serta penggayaan bahasa, untuk mendorong tercapainya tujuan komunikasi yang dilakukan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Persuasif, Strategi Komunikasi Persuasif, Penyusunan Pesan Persuasif
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 17 May 2022 11:02
Last Modified: 17 May 2022 11:02
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26787

Actions (login required)

View Item View Item