FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN SISTEM PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR APLIKASI “SAKPOLE” MENGGUNAKAN TAM

Sugiharto, Lukas Wahyu Nugroho (2021) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN SISTEM PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR APLIKASI “SAKPOLE” MENGGUNAKAN TAM. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Lukas Wahyu Nugroho Sugiharto)
15 04 22023 1.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 04 22023 2.pdf

Download (468kB) | Preview
[img] Text
15 04 22023 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB)
[img] Text
15 04 22023 4-5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)

Abstract

Model TAM merupakan model yang digunakan untuk menjelaskan bagaimana teknologi baru diterima dan digunakan oleh pengguna. Pada tahap awal, teknologi atau sistem yang diterapkan harus mudah untuk dipelajari, digunakan, dan usaha yang rendah untuk mempelajari atau menggunakannya. Penggunaan suatu sistem tidak terlepas dari manfaat maupun sikap atas kinerja sistem yang bersangkutan. Pada akhinya, sebuah sostem baru yang mudah untuk digunakan, mampu memberikan manfaat yang besar dan sikap posituif pengguna akan mempengaruhi intensi penggunaan suatu sistem/teknologi. Penelitian ini dilakukan pada 175 orang wajib pajak atau masyarakat Jawa Tengah. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Jawa Tengah yang tersebar pada 35 Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi Jawa Tengah Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan metode pengukuran data menggunakan skala likert. Analisis data pada penelitian ini menunggunakan Structural Equation Modelling. Hasil penelitian ini memberikan informasi bahwa: intensi masyarakat dalam menggunakan sistem pembayaran pajak kendaraan bermotor aplikasi “SAKPOLE” dipengaruhi oleh sikap dan persepsi manfaat. Hasil penelitian ini memberikan informasi bahwa sikap masyarakat di Jawa Tengah yang baik pada aplikasi “SAKPOLE” dipengaruhi oleh manfaat dan kemudahan penggunaan aplikasi “SAKPOLE”. Hasil penelitian ini juga memberikan informasi bahwa manfaat yang besar dari aplikasi “SAKPOLE” secara signifikan ditentukan oleh seberapa mudah masyakarkan dalam menggunakan aplikasi “SAKPOLE”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: TAM, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat, sikap, intensi berperilaku
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 18 May 2022 09:28
Last Modified: 18 May 2022 09:28
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26798

Actions (login required)

View Item View Item