KONTRIBUSI TANI ORGANIK MERAPI (TOM) TERHADAP PETANI DI DESA WUKIRSARI : TAHAPAN PEMBERDAYAAN DAN PRINSIP PARTISIPASI PETANI

Darmawan, Ilham (2022) KONTRIBUSI TANI ORGANIK MERAPI (TOM) TERHADAP PETANI DI DESA WUKIRSARI : TAHAPAN PEMBERDAYAAN DAN PRINSIP PARTISIPASI PETANI. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Ilham Darmawan)
151005758 0.pdf

Download (792kB)
[img] Text
151005758 1.pdf

Download (473kB)
[img] Text
151005758 2.pdf

Download (452kB)
[img] Text
151005758 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[img] Text
151005758 4.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tahapan-tahapan yang dijalankan TOM selama pemberdayaan petani dan melihat penerapan prinsip partisipasi pada petani. Kontribusi yang diberikan TOM terhadap petani dan partisipasi dalam proses pemberdayaan melalui peran yang diberikan TOM maupun petani. Penelitan dilakukan di badan usaha tani berbasis pertanian organik yaitu Tani Organik Merapi (TOM). Lokasi penelitian dilakukan di Desa Balangan, Wukirsari, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta, 55583. Dalam proses penelitian yang dilakukan, penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data Primer : untuk mendapatkan data dengan proses wawancara kepada narasumber-narasumber yang terlibat langsung pada pada program pemberdayaan baik staf karyawan, pemilik dan petani. Selain wawancara, peneliti akan membuat interview guide terlebih dahulu agar saat melakukan wawancara bisa mendapatkan data yang sesuai kebutuhan penelitian. Pengumpulan data juga dilakukan dengan observasi partisipatoris, pengamatan terhadap berlangsungnya pemberdayaan yang diterapkan kepada petani/mitra yang ada. Mendokumentasikan data berupa foto- foto pada saat-saat tertentu yang bisa diabadikan. Data Sekunder : untuk mendapatkan data sekunder, peneliti akan mengambil data dari hasil yang didapatkan selama mengikuti kegiatan magang di Tani Organik Merapi. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan yaitu melihat keberhasilan Tani Organik Merapi dalam memberikan kontribusinya kepada petani selama proses pemberdayaan melalui dampingan, pelatihan, penyuluhan, sosialisasi serta memberikan bantuan dalam bentuk produksi pasar bagi mitranya agar mempermudah memasarkan produk sayuran organik. keperdulian sosial bagi petani yang diberdayakan. Hal ini dilihat dari proses tahapan pemberdayaan yang diterapkan. Kemudian penerapan prinsip partisipasi kepada petani organik yang diberikan TOM yaitu, keperdulian melakukan dampingan, mengarahkan petani dengan cara budiaya bersifat organik, melihat karakter petani melalui dedikasi terhadap kelompok dan tanggung jawabnya sebagai petani organik yang potensial. Konsep atau teori yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada tahapan pemberdayaan dan penerapan prinsip-prinsip partisipasi kepada petani organik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi, Peran Petani, Tahapan-tahapan Pemberdayaan. Prinsip-prinsip Partisipasi, Pertanian Organik.
Subjects: Sosiologi > Business
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 19 May 2022 11:55
Last Modified: 19 May 2022 11:55
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26847

Actions (login required)

View Item View Item