FUNGSI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENGELOLAAN KERJA KARYAWAN PADA BIDANG KEARSIPAN BPJS KETENAGAKERJAAN KOTA YOGYAKARTA

INDRAWAN, CHARLES (2022) FUNGSI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENGELOLAAN KERJA KARYAWAN PADA BIDANG KEARSIPAN BPJS KETENAGAKERJAAN KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (CHARLES INDRAWAN)
151005784 0.pdf

Download (853kB)
[img] Text
151005784 1.pdf

Download (547kB)
[img] Text
151005784 2.pdf

Download (483kB)
[img] Text
151005784 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img] Text
151005784 4.pdf

Download (748kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di BPJS Ketenagakerjaan Kota Yogyakarta khususnya pada bidang Kearsipan dengan menggunakan teori dari Hasibuan (2007) fungsi manajemen sumber daya manusia berupa Planning, Organizing, Recruitment, Development, dan Compensation. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Kriteria sumber daya manusia yang dibutuhkan, 2) Struktur manajemen sumber daya manusia, 3) Cara fungsi manajemen sumber daya manusia mengelola kinerja karyawan. Teknik penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif, teknik penentuan responden menggunakan purposive sampling. Berdasarkan Hasil Penelitian: 1) Kriteria sumber daya manusia yang dibutuhkan BPJS Ketenagakerjaan Kota Yogyakarta dengan syarat minimal pendidikan D3 dari semua jurusan dan menguasai program Microsoft. 2) Struktur manajemen sumber daya manusia berupa planning penentuan berapa personil yang dibutuhkan setiap divisi pada BPJS Ketenagakerjaan Kota Yogyakarta dengan menggunakan Main Power Plan (MPP). Organizing struktur Penata Madya Arsip masuk ke dalam bidang Umum dan SDM dibawahi oleh Kepala Bidang Umum dan SDM. Development terkait pelatihan yang diberikan kepada Penata Madya Arsip yang berhubungan dengan meningkatkan kemampuan pengelolaan dan penataan arsip. Compesation tunjangan-tunjangan yang diberikan berupa material dan non material. 3) Cara fungsi struktur manajemen sumber daya manusia mengelola kinerja karyawan kearsipan berupa planning terkait dengan perencanaan kerja guna mendukung kinerja pengelolaan arsip. Recruitment tahapan yang harus dilalui oleh calon tenaga kerja seperti mengikuti tes psikologi, wawancara psikolog, dan wawancara user. Organizing penjelasan job deskripsi nya mengarah pada kegiatan sehari-hari yang berhubungan tentang penataan arsip seperti penyusunan dan mendokumentasikan arsip yang keluar masuk. Development terkait pelatihan yang dilaksanakan berbentuk seminar yang berhubungan dengan informasi terbaru tentang kearsipan, tentang penjelasan perencanaan kerja dan evaluasi kinerja.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Fungsi, Manajemen Sumber Daya Manusia, Kearsipan
Subjects: Sosiologi > Business
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 19 May 2022 13:36
Last Modified: 19 May 2022 13:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26849

Actions (login required)

View Item View Item