FITOREMEDIASI PENCEMARAN UDARA DALAM RUANGAN AKIBAT VOLATILE ORGANIC COMPOUNDS DENGAN PENGGUNAAN TANAMAN HIAS

Golung, Talita Danielle (2022) FITOREMEDIASI PENCEMARAN UDARA DALAM RUANGAN AKIBAT VOLATILE ORGANIC COMPOUNDS DENGAN PENGGUNAAN TANAMAN HIAS. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Talita Danielle Golung)
160801798_bab 0.pdf

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160801798_bab 1.pdf

Download (139kB) | Preview
[img] Text
160801798_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img]
Preview
Text
160801798_bab 3.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Peningkatan aktivitas manusia di dalam ruangan memberi dampak buruk bagi kesehatan yang disebabkan dari senyawa pencemar di dalam ruangan. Senyawa organik mudah menguap (VOC) merupakan kumpulan jenis-jenis pencemar udara yang dapat ditemukan di dalam ruangan maupun di luar ruangan seperti benzena, toluena dan formaldehida namun sekitar 80-90% dapat ditemukan di dalam ruangan. Sumber utama pencemaran udara oleh senyawa organik mudah menguap diketahui berasal dari koran, lilin cair, fiberglass, perekat, cat, panel kayu, penghapus cat, karpet nilon, bensin, cat, cat kuku dan insektisida serta terbukti bersifat toksik bahkan karsinogen bagi manusia jika terakumulasi jangka panjang dalam tubuh. Penggunaan teknik fitoremediasi diketahui merupakan salah satu solusi biologis yang diterapkan untuk dapat menyerap pencemar senyawa organik mudah menguap. Tanaman hias yang digunakan dalam proses fitoremediasi didasari dengan prinsip penyerapan polutan udara melalui stomata dan akar. Tujuan dari tinjauan ini adalah untuk mengetahui dan membandingkan kemampuan tanaman hias dalam menyerap senyawa organik volatil dari berbagai penelitian in-situ maupun ex-situ serta memberi informasi tentang penelitian kedepan dalam lingkup fitoremediasi pada ruangan indoor.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Fitoremediasi, Pencemaran Udara dalam Ruangan, Volatile Organic Compounds, Dinding Hijau Aktif, Tanaman Indoor.
Subjects: Teknobiologi > Tekno Lingkungan
Divisions: Fakultas Teknobiologi > Biologi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 23 May 2022 08:59
Last Modified: 23 May 2022 08:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26889

Actions (login required)

View Item View Item