PENETRASI SOSIAL ANTARPEMAIN GAME ONLINE GRAND THEFT AUTO V (FIVE M)

Arisandy, Handika (2022) PENETRASI SOSIAL ANTARPEMAIN GAME ONLINE GRAND THEFT AUTO V (FIVE M). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Handika Arisandy)
195503004_bab 0.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
195503004_bab 1.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
195503004_bab 2.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text
195503004_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text
195503004_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
195503004_bab 5.pdf

Download (276kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menggambarkan tahapan kedekatan antar pemain yang bermula dari dalam sebuah media game online Grand Theft Auto V. Proses penetrasi antarpemain game online Grand Theft Auto V versi Five M akan digambarkan dari awal bertemu memulainya sebuah hubungan hingga tahap pemutusan hubungan para pemain. Hubungan awal dari dalam game (dunia virtual) hingga di luar game (dunia nyata). Menggunakan metodologi deskriptif kualitatif dengan metode netnografi. Penelitian ini menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu observasi secara langsung, wawancara, dan dokumentasi (screen shoot). Data yang sudah dikumpulkan di lapangan kemudian dianalisis dengan teori komunikasi antar pribadi, technological determinism, dan penetrasi sosial sehingga dapat digunakan untuk menggambarkan realitas yang kini terjadi dilakukan oleh para pemain game. Penelitian ini menemukan para pemain game online Grand Theft Auto V menjalin sebuah hubungan pertemanan dapat ke arah hubungan yang intim dengan waktu yang tergolong cepat. Melalui dunia digital manusia menjadi lebih terbuka. memiliki sikap yang dapat mendorong ke hubungan yang intim. Pengungkapan diri di dalam game menjadi hal penting dalam keberlangsungan sebuah hubungan antarpemain sehingga menimbulkan hubungan sampai dunia nyata. Hal ini merupakan dampak dari berkembangnya teknologi yang menjadi sebuah wadah atau media para pemain (masyarakat digital) dalam melakukan sebuah interaksi di dunia virtual. Media game menjadi awal mula interaksi para pemain yang kemudian dilanjutkan menggunakan media komunikasi lainnya. Manusia berkembang dengan mengikuti teknologi yang ada sehingga menciptakan manusia dengan karakteristik yang baru yang lebih terbuka. Sebuah hubungan yang berawal dari game tidak semua sampai ke lapisan inti. Hubungan pertemanan yang inti sekalipun memiliki kemungkinan pemutusan hubungan yang dilakukan antarpemain.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: enetrasi sosial, technological determinism, game online, grand theft auto v, netnografi
Subjects: Magister Ilmu Komunikasi > Manajemen Media Digital
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 23 May 2022 12:24
Last Modified: 23 May 2022 12:24
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26906

Actions (login required)

View Item View Item