PERAN SIGAB DALAM PEMBERDAYAAN PENYANDANG DISABILITAS

MAKUL, HIRONIMUS (2022) PERAN SIGAB DALAM PEMBERDAYAAN PENYANDANG DISABILITAS. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROGRAM STUDI SOSIOLOGI)
171006401 0.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
171006401 1.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
171006401 2.pdf

Download (429kB) | Preview
[img] Text
171006401 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img]
Preview
Text
171006401 4.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja peran dan kegiatan pemberdayaan yang dijalankan Yayasan SIGAB untuk masyarakat penyandang disabilitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah Yayasan SIGAB Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Yayasan SIGAB memaknai konsep pemberdayaan penyandang disabilitas itu adalah memberikan kekuatan atau daya (power) kepada masyarakat yang dimarjinalkan, dalam konteks ini penyandang disabilitas. Dari hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa Yayasan SIGAB sudah menjalakan peran dan kegiatan pemberdayaannya yaitu Edukasi, Advokasi, Pelatihan dan Mempromosikan Desa Inklusif. Tentu SIGAB memiliki tujuan yang kuat dalam menjalankan peranya tersebut yaitu untuk mengangkat derajat dan martabat masyarakat penyandang disabilitas sesuai dengan visi dan misi. Adapun tujuan lainya yaitu untuk menyelesaikan dua masalah yaitu mengatasi masalah ketergantungan yang dialami para penyandang disabilitas, dan meningkatkan fungsi sosial dari penyandang disabilitas dalam masyarakat secara umum.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, penyandang disabilitas, peran, kegiatan
Subjects: Sosiologi > Media
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 24 May 2022 14:10
Last Modified: 24 May 2022 14:10
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26924

Actions (login required)

View Item View Item