Analisis Kebutuhan dan Perancangan User Interface Sub-Aplikasi Forum Begalor Menggunakan Metode Design Sprint

Silalahi, Ruth Riani Millenia (2021) Analisis Kebutuhan dan Perancangan User Interface Sub-Aplikasi Forum Begalor Menggunakan Metode Design Sprint. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Ruth Riani Millenia Silalahi)
181709705_bab 0.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
181709705_bab 1.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
181709705_bab 2.pdf

Download (365kB) | Preview
[img] Text
181709705_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text
181709705_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
181709705_bab 5.pdf

Download (308kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kebutuhan sekaligus perancangan user interface dari aplikasi Enggang. Enggang sendiri merupakan aplikasi e-government Kabupaten Ketapang di bawah naungan Diskominfo Kabupaten Ketapang yang berisikan sub-aplikasi atau menu untuk layanan bagi masyarakat kabupaten Ketapang. Salah satu sub-aplikasi atau menu yang ada pada Enggang adalah Begalor, yaitu aplikasi forum diskusi dan informasi masyarakat Ketapang yang saat ini belum memiliki rancangan tampilan user interface sebagai gambaran untuk proses pembangunan aplikasi. Adanya user interface dan user experience pada tahapan pembangunan suatu aplikasi cukup penting untuk memberikan gambaran bagaimana aplikasi akan dibuat dan menarik bagi pengguna. Maka dari itu, Diskominfo Kabupaten Ketapang membutuhkan rancangan gambaran user interface untuk proses pengembangan sub-aplikasi yang ada pada Enggang, yaitu Begalor. Proses rancangan tampilan user interface pada sub aplikasi Begalor ini menggunakan metode design sprint. Penelitian ini diawali dengan melakukan wawancara dengan pihak Diskominfo untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan pada tampilan aplikasi Begalor. Proses perancangan tampilan user interface Begalor berpedoman pada material design guidelines oleh Google. Setelah itu dilakukan pengujian hasil prototyping atau evaluasi dengan menyebarkan kuesioner menggunakan metode UEQ (User Experience Questionnaire) yang memiliki 26 item dan terbagi menjadi 6 skala yaitu daya tatik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, stimulasi dan kebaruan. Tahapan evaluasi melibatkan 25 responden pengguna smartphone dengan minimal usia 17 tahun dan sudah memiliki KTP. Dari pengolahan data yang dilakukan, skala daya tarik mendapat nilai rata-rata sebesar 1.88, ketepatan 1.79, stimulasi 1.87 yang artinya “sangat baik” atau “excellent”. Sedangkan untuk skala kejelasan mendapatkan nilai rata-rata sebesar 1.75, efisiensi 1.84 dan kebaruan 1.59 yang artinya “baik” atau “good”. Dari tolak ukur tersebut, rancangan tampilan user interface yang telah dibuat bisa digunakan sebagai gambaran untuk pembuatan aplikasi Begalor yang ada pada Enggang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Design Sprint, User Interface, aplikasi mobile, UEQ, e-government.
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 17 Jun 2022 11:07
Last Modified: 17 Jun 2022 11:07
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26994

Actions (login required)

View Item View Item