ANALISIS PELAPORAN LABA RUGI SEGMEN DALAM MENGHENTIKAN ATAU MELANJUTKAN PRODUKSI JAKET DAN POLO SHIRT PADA PERUSAHAAN KONVEKSI STRONGER MANUFACTURE DI SLEMAN

Gentasuri, Alexia (2022) ANALISIS PELAPORAN LABA RUGI SEGMEN DALAM MENGHENTIKAN ATAU MELANJUTKAN PRODUKSI JAKET DAN POLO SHIRT PADA PERUSAHAAN KONVEKSI STRONGER MANUFACTURE DI SLEMAN. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Alexia Gentasuri)
170423498_Bab 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
170423498_Bab 1.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170423498_Bab 2.pdf

Download (408kB) | Preview
[img] Text
170423498_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text
170423498_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img]
Preview
Text
170423498_Bab 5.pdf

Download (382kB) | Preview

Abstract

Perusahaan perlu mengambil keputusan dalam memecahkan masalah. Oleh karena itu, seorang manajer harus berhati-hati dalam mengambil keputusan dan mempertimbangkan dampak yang akan muncul di masa kini maupun di masa depan. Perusahaan konveksi Stronger Manufacture mengalami suatu masalah sebagai dampak dari adanya covid-19, yang meharuskan pihak manajemen melakukan pengambilan keputusan. Perusahaan mengalami penurunan permintaan untuk beberapa jenis produknya, yaitu jaket dan polo shirt. Namun, perusahaan tidak dapat menaikkan harga jual karena akan menurunkan daya beli masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lini produk apa yang sebaiknya dihentikan dan diteruskan diantara jaket dan polo shirt oleh pihak manajemen Perusahaan Konveksi Stronger Manufacture. Analisis yang digunakan dalam pengambilan keputusan untuk menghentikan atau meneruskan lini produk dalam penelitian adalah pelaporan laba rugi segmen untuk setiap lini produk dengan metode variable costing. Langkah yang dilakukan dalam analisis data yaitu: (1) Mengidentifikasi biaya-biaya yang terjadi (biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, biaya overhead pabrik, biaya pemasaran, biaya administrasi dan umum), (2) Mengklasifikasi setiap biaya yang terjadi ke dalam biaya tetap, biaya variabel, dan biaya semi variabel, (3) Menggolongkan biaya tetap yang terjadi ke dalam biaya tetap langsung (direct fixed cost) dan biaya tetap bersama (common fixed cost), (4) Membuat laporan laba rugi segmen dengan metode variabel costing, (5) Menghitung marjin segmen setiap lini produk positif atau negatif, (6) Mengambil keputusan menghentikan atau meneruskan produksi lini produk tertentu berdasarkan marjin segmen. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, semua lini produk memberikan kontribusi positif bagi keseluruhan laba perusahaan. Hasil perhitungan marjin segmen setiap lini produk jika diurutkan dari yang tertinggi yaitu t-shirt yang merupakan lini produk utama sebesar 30%, polo shirt sebesar 23,7%, dan jaket sebesar 13,3%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa tidak ada lini produk yang dihentikan dan perusahaan disarankan untuk tetap meneruskan produksi seluruh lini produk.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengambilan keputusan jangka pendek, marjin segmen, variable costing
Subjects: Akuntansi > Perpajakan / Sektor Publik
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 13 Jul 2022 10:01
Last Modified: 13 Jul 2022 10:01
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27041

Actions (login required)

View Item View Item