Satrio, Yonathan Bimo (2022) PERAN COPYWRITER DALAM PENCIPTAAN DAN PENGEMBANGAN KONTEN KREATIF KOMIK DIGITAL (STUDI KASUS: KOMIK JOPA JOPI). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (Yonathan Bimo Satrio)
171006423 0.pdf Download (449kB) | Preview |
|
|
Text
171006423 1.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
171006423 2.pdf Download (305kB) | Preview |
|
Text
171006423 3.pdf Restricted to Registered users only Download (562kB) |
||
|
Text
171006423 4.pdf Download (783kB) | Preview |
Abstract
Tindakan kreatif kolektif menjadi arah baru dalam sistem penataan yang sistematis dan terarah. Penataan tersebut, menyebabkan pergeseran konsep kreatif menjadi sebuah industri atau dikenal sebagai industri kreatif. Dalam hal ini, apa yang terjadi dalam Komik Jopa Jopi sebagian besar bersifat sosial. Dalam arti, tindakan serta interaksinya bersifat sosiologis. Adapun, penelitian ini menggunakan pendekatan kreativitas Actor Systems Dynamics (ASD). Di mana, untuk menganalisis budaya/sosial tersebut, penelitian ini menggunakan metode atau riset autoethnografi karena, berdasarkan partisipasi observasi peneliti sebagai seorang Copywriter dalam komik tersebut. Sehingga, dapat mendeskripsikan atau melukiskan cerita pengalaman bagaimana Copywriter berkolaborasi dengan agen sebagai proses kreatif dalam Komik Jopa Jopi untuk menghasilkan produk kreatif. Dalam hal ini, individu atau kolektif menjadi faktor utama dalam konstruksi dan produksi tindakan kreatif. Di mana, masalah objektivitas melibatkan agen menjadi agggota penuh dalam kelompok Komik Jopa Jopi, baik teks atau peran yang dijalankan dan berkomitmen dalam peningkatan pemahaman fenomena sosial/budaya melalui pendekatan kreativitas ASD. Di sini, agen disosialisasikan dalam peran berdasarkan kemampuan tertentu. Sosialisasi ini, dilakukan organisasi dengan memanfaatkan media WhatsApp Group (WAG) sebagai ruang kreatif. Dengan menggunakan media tersebut, agen dapat berdinamika dan berkolaborasi mengenai kegiatan kreatif baik individu, kolektif atau ranah organisasi. Berbagai hal tersebut menimbulkan ikatan, kepercayaan satu sama lain dan agen menjadi bagian dalam kelompok tersebut. Dengan ikatan ini, melalui pendekatan ASD mengilustrasikan lingkungan atau konteks pada situasi bidang interaksi baik sosial/material, keterlibatan agen dalam tuntutan peran, tantangan situasional dan kekuatan dimobilisasi dalam kerja kreatif. Di mana, memanfaatkan sumber daya sebagai alat atau bahan dan terjadi mekanisme atau proses kreatif seperti, interaksi sosial, kolaborasi, penataan, konstruksi dan konteks tertentu. Sehingga, dalam mengembangkan produk kreatif terdapat proses penilaian atau penerimaan output oleh agen internal atau organisasi. Dalam hal ini, Copywriter membangun pola lingkungan yang baru, yang mana peran dan hubungan peran muncul untuk mendapatkan struktur yang pasti. Dalam arti, Copywriter merangkai atau mengaransemen pelembagaan sosial yang telah dibangun. Rangkaian ini, bertujuan untuk membingkai dan mendefinisikan penemuan atau tantangan tertentu. Tantangan ini, menjadi hal baru bagi seorang Copywriter yang merangkap atau memegang peran Storywriter dalam penciptaan cerita Komik Jopa Jopi. Sehingga, pekerjaan Copywriting mengalami penyimpangan atau pergeseran konsep.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kreativitas, peran copywriter, komik digital |
Subjects: | Sosiologi > Business |
Divisions: | Fakultas ISIP > Sosiologi |
Depositing User: | Editor 6 uajy |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 14:19 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 14:19 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27127 |
Actions (login required)
View Item |