PERLINDUNGAN HUKUM OLEH PT. SHOPEE INDONESIA TERKAIT PEMBATALAN PESANAN OLEH KONSUMEN PADA SISTEM PEMBAYARAN CASH ON DELIVERY (COD)

Septiyanti, Yenni (2022) PERLINDUNGAN HUKUM OLEH PT. SHOPEE INDONESIA TERKAIT PEMBATALAN PESANAN OLEH KONSUMEN PADA SISTEM PEMBAYARAN CASH ON DELIVERY (COD). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Yenni Septiyanti)
180513144_Bab 0.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180513144_Bab 1.pdf

Download (432kB) | Preview
[img] Text
180513144_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img]
Preview
Text
180513144_Bab 3.pdf

Download (315kB) | Preview

Abstract

Di era modern ini, transaksi jual-beli sudah beralih menuju pada perdagangan elektronik, hal inilah yang disebut sebagai e-commerce. Dalam beberapa platform marketplace, terdapat sistem pembayaran yang disebut juga Cash On Delivery (COD) atau pembayaran ditempat pada saat pesanan tiba di tujuan. Sistem pembayaran Cash On Delivery (COD) menimbulkan masalah baru dalam masyarakat yang dapat dilihat pada kejadian-kejadian dimana konsumen membuka pesanannya terlebih dahulu sebelum melakukan pembayaran kepada kurir, dan kemudian menolak untuk melakukan pembayaran kepada kurir atas pesanannya, padahal seharusnya konsumen melakukan pembayaran terlebih dahulu sebelum membuka pesanannya. Penelitian ini berjudul Perlindungan Hukum oleh PT. Shopee Indonesia Terkait Pembatalan Pesanan oleh Konsumen pada Sistem Pembayaran Cash On Delivery (COD) dengan tujuan untuk mengetahui perlindungan hukum yang diberikan oleh PT. Shopee Indonesia dalam hal terjadi penolakan pembayaran oleh konsumen pada sistem pembayaran Cash On Delivery (COD). Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat 2 (dua) perlindungan hukum yang diberikan oleh PT. Shopee Indonesia kepada pihak yang terlibat dalam transaksi jual-beli online, yaitu perlindungan preventif dengan membuat kebijakan-kebijakan untuk melindungi pelaku usaha dan kurir ekspedisi, dan perlindungan represif dengan membuat kebijakan untuk melindungi konsumen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Cash On Delivery (COD), Konsumen, Shopee Indonesia
Subjects: Ilmu Hukum > Ekonomi Bisnis
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 04 Aug 2022 12:44
Last Modified: 04 Aug 2022 12:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27130

Actions (login required)

View Item View Item