USULAN PERBAIKAN PROSES PENGENDALIAN KUALITAS DENGAN METODE SEVEN TOOLS OF QUALITY DI PT GYAN KREATIF INDONESIA (NARUNA CERAMIC STUDIO)

Indah, Glory Agatha (2022) USULAN PERBAIKAN PROSES PENGENDALIAN KUALITAS DENGAN METODE SEVEN TOOLS OF QUALITY DI PT GYAN KREATIF INDONESIA (NARUNA CERAMIC STUDIO). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Glory Agatha Indah)
180609945_Bab 0.pdf

Download (716kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180609945_Bab 1.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180609945_Bab 2.pdf

Download (612kB) | Preview
[img] Text
180609945_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
180609945_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text
180609945_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (989kB)
[img]
Preview
Text
180609945_Bab 6.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Naruna Ceramic Studio merupakan salah satu bagian dari PT Gyan Kreatif Indonesia yang berperan sebagai penghasil produk berbahan dasar keramik. Permasalahan yang dihadapi Naruna saat ini adalah tidak adanya data hasil quality control. Proses quality control yang saat ini sudah dilakukan oleh Naruna juga belum memiliki jadwal serta alur kerja yang tertulis. Proses quality control yang dilakukan saat ini hanya dilakukan dengan melakukan pengendalian kualitas pada produk lalu memisahkan produk dari produk layak jual atau mengembalikan produk menuju stasiun kerja sebelumnya. Proses perekapan dan pengolahan data tidak dilakukan saat proses quality control sehingga Naruna tidak memiliki data historis terkait kualitas produk dan proses produksi. Hasil penelitian yang dilakukan di pabrik Naruna menunjukkan bahwa Naruna belum memiliki SOP (Standard Operating Procedure) untuk proses produksi terutama untuk proses quality control. Tidak adanya SOP mempengaruhi kualitas kinerja dari karyawan produksi. Keadaan tersebut menyebabkan proses quality control tidak memiliki alur proses kerja serta standar tertulis sebagai parameter dari produktivitas proses quality control. Dengan memanfaatkan metode PDCA, proses penelitian dan pengujian terhadap proses quality control dilakukan secara bertahap untuk menganalisis penyebab quality control belum terlaksana dengan sistem yang baik dan melakukan analisis untuk menentukan alternatif solusi. Setiap data dan informasi yang didapat akan diolah menggunakan beberapa tools pada metode seven tools of quality dan metode new seven tools of quality. Alternatif solusi terpilih akan berdampak positif yaitu proses quality control akan memiliki proses perekapan dan pengolahan data sehingga Naruna akan memiliki data mengenai produk yang sering mengalami kerusakan, perbandingan produk layak jual dengan produk rusak, jenis kerusakan yang ditemui pada produk, dan stasiun kerja yang paling berpengaruh besar untuk kualitas produk. Informasi serta data hasil quality control diperoleh dari peningkatan penggunaan surat jalan dan adanya SOP hasil proses quality control yang difokuskan untuk kegiatan perekapan dan pengolahan data. Penentuan alternatif solusi dipengaruhi dari hasil diskusi dengan stakeholder dengan mempertimbangkan faktor biaya produksi, faktor kapasitas atau kemampuan dari karyawan produksi, dan faktor kemudahan pelaksanaan solusi atau waktu yang dibutuhkan untuk menerapkan solusi. Alternatif solusi untuk memaksimalkan fungsi dari surat jalan memiliki total pembobotan sebesar 117 dan solusi untuk merancang adanya SOP hasil proses quality control yang difokuskan untuk kegiatan perekapan dan pengolahan data memiliki total pembobotan sebesar 100. Penerapan setiap alternatif solusi terpilih akan meningkatkan biaya produksi sebesar Rp 243.200 per dua bulan yang akan digunakan untuk mencetak setiap alternatif solusi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: quality control, produk keramik, surat jalan, SOP, seven tools of quality.
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 23 Aug 2022 11:38
Last Modified: 23 Aug 2022 11:38
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27197

Actions (login required)

View Item View Item