PENGARUH KEMUDAHAN APLIKASI PERPAJAKAN, GAYA KEPEMIMPINAN, PEMAHAMAN KESADARAN PERPAJAKAN, DAN PEMAHAMAN INTERNET TERHADAP KEWAJIBAN KAUR KEUANGAN ATAS PAJAK DANA DESA

Ratnasari, Valentina Dessy (2022) PENGARUH KEMUDAHAN APLIKASI PERPAJAKAN, GAYA KEPEMIMPINAN, PEMAHAMAN KESADARAN PERPAJAKAN, DAN PEMAHAMAN INTERNET TERHADAP KEWAJIBAN KAUR KEUANGAN ATAS PAJAK DANA DESA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Valentina Dessy Ratnasari)
150422199_Bab 0.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150422199_Bab 1.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150422199_Bab 2.pdf

Download (368kB) | Preview
[img] Text
150422199_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
150422199_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[img]
Preview
Text
150422199_Bab 5.pdf

Download (315kB) | Preview

Abstract

Gencarnya pemerintah dalam menyalurkan APBDes guna memajukan daerah yang tertinggal menimbulkan potensi pendapatan bagi pemerintah atas pajak Dana Desa. Guna mewujudkan potensi tersebut, tentu Kaur Keuangan Desa menjadi pihak yang sangat disoroti terutama terkait pajak apa saja yang wajib dipungut. Kaur Keuangan seakan dituntut harus patuh dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya. Akan tetapi dalam pelaksanaannya, ada kalanya Kaur Keuangan terpengaruhi baik dari diri Kaur Keuangan atau oleh sekitarnya. Sehingga kewajiban yang seharusnya harus terpenuhi menjadi tidak terpenuhi, seperti mungkin saja telat dalam melaporkan SPT, telat dalam membayar, bahkan bisa saja ada yang melakukan tindakan fraud. Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis apa saja yang mempengaruhi kewajiban Kaur Keuangan dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya dengan mengacu pada Teori Perilaku Terencana (Planned Behavior) yang memiliki relevansi terhadap menemukan apa saja yang mempengaruhi seseorang memilih suatu keputusan. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner terhadap Kaur Keuangan Desa di 11 Kecamatan Kabupaten Kapuas Hulu dengan menggunakan kewajiban Kaur Keuangan Desa sebagai variabel terikat dan variabel bebas terdiri dari gaya kepemimpinan, kemudahan aplikasi perpajakan, pemahaman kesadaran perpajakan, dan pemahaman internet. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan software SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh variabel secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kewajiban Kaur Keuangan Desa. Sedangkan secara individu (parsial), gaya kepemimpinan, kemudahan aplikasi perpajakan, pemahaman kesadaran perpajakan, dan pemahaman internet berpengaruh terhadap kewajiban Kaur Keuangan Desa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: planned behavior theory, kemudahan aplikasi perpajakan, gaya kepemimpinan, pemahaman dan kesadaran perpajakan, pemahaman internet, kewajiban Kaur Keuangan desa.
Subjects: Akuntansi > Perpajakan / Sektor Publik
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 30 Aug 2022 10:39
Last Modified: 30 Aug 2022 10:39
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27258

Actions (login required)

View Item View Item