PENGARUH MASKULINITAS DAN FEMININITAS DALAM IKLAN MAJALAH KATEGORI PRODUK UTILITARIAN, HEDONIS, DAN DUAL FUNCTION

Priyandari, Lisa (2009) PENGARUH MASKULINITAS DAN FEMININITAS DALAM IKLAN MAJALAH KATEGORI PRODUK UTILITARIAN, HEDONIS, DAN DUAL FUNCTION. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0EM15458.pdf

Download (932Kb)
[img] Text (Bab I)
1EM15458.pdf

Download (162Kb)
[img] Text (Bab II)
2EM15458.pdf

Download (258Kb)
[img] Text (Bab III)
3EM15458.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372Kb)
[img] Text (Bab IV)
4EM15458.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388Kb)
[img] Text (Bab V)
5EM15458.pdf

Download (579Kb)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan individu, yaitu sifat maskulinitas dan femininitas terhadap iklan cetak majalah yang termasuk dalam kategori produk utilitarian, hedonis, dan dual function. Ketiga kategori produk tersebut akan dianalisis berdasarkan variabel evaluasi merek, sikap terhadap iklan, dan sikap terhadap merek. Penelitian ini akan dilakukan dengan dua buah iklan cetak kategori produk utilitarian, dua buah iklan cetak kategori produk hedonis, dan dua buah iklan cetak kategori produk dual function. Keenam iklan cetak tersebut dijadikan instrumen eksperimen dalam penelitian ini, serta akan diteliti dengan menggunakan data dari 120 responden secara independent. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah quota sampling, kuesioner disebarkan pada mahasiswa dan mahasiswi Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Data primer yang di dapat tersebut kemudian diolah menggunakan analisis frequencies, cross tabulation, dan independent sample t-test untuk mengetahui perbedaan individu yang dimiliki setiap responden, dan juga melihat perbedaan evaluasi merek, sikap terhadap iklan, dan sikap terhadap merek pada stimulus iklan pertama dan kedua kategori ketiga produk tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa untuk setiap responden ternyata memiliki perbedaan individu, sifat maskulin tidak mutlak hanya dimiliki oleh responden laki-laki saja dan sifat feminin tidak mutlak dimilik oleh responden perempuan saja. Adanya pengaruh yang signifikan responden maskulin terhadap stimulus iklan pada kategori produk utilitarian. Tidak adanya pengaruh yang signifikan responden feminin terhadap stimulus iklan pada kategori produk hedonis. Tidak adanya pengaruh yang signifikan antara responden maskulin dan feminin terhadap stimulus iklan pada kategori produk dual function.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Gender, Maskulinitas, Feminitas, Periklanan, Utilitarian, Hedonis, Dual Function
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 Jul 2013 12:47
Last Modified: 02 Jul 2013 12:47
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2728

Actions (login required)

View Item View Item