EFEKTIVITAS PENYAMPAIAN PESAN AKUN INSTAGRAM @PANDEMICTALKS MENGENAI VARIAN BARU VIRUS CORONA (OMICRON) PADA FOLLOWERS (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Followers Instagram @pandemictalks)

MAHARANI, LAURENCIA EPRINA DIAN (2022) EFEKTIVITAS PENYAMPAIAN PESAN AKUN INSTAGRAM @PANDEMICTALKS MENGENAI VARIAN BARU VIRUS CORONA (OMICRON) PADA FOLLOWERS (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Followers Instagram @pandemictalks). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (LAURENCIA EPRINA DIAN MAHARANI)
180906534 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906534 1.pdf

Download (869kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906534 2.pdf

Download (924kB) | Preview
[img] Text
180906534 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB)
[img]
Preview
Text
180906534 4.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Munculnya Covid-19 menimbulkan permasalahan salah satunya tentang kesenjangan informasi terkait Covid-19. Terlebih di situasi pandemi, masyarakat membutuhkan informasi yang tepat guna melindungi diri dari penyakit tersebut. Penelitian ini membahas mengenai efektivitas penyampaian pesan mengenai virus Omicron yang dilakukan oleh salah satu platform edukasi Covid-19 yaitu Instagram @pandemictalks yang sudah berdiri sejak tahun 2020. Sejak awal pandemi Covid-19, akun @pandemictalks rutin mengunggah pesan terkait Covid-19 yang bertujuan untuk meminimalisir kesenjangan data Covid-19 yang terjadi di Indonesia serta menyampaikan pesan-pesan secara terbuka dan apa adanya. Wilayah penelitian ini yaitu followers dari akun @pandemictalks. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan fenomena sesuai kenyataan dan apa adanya yaitu dengan melihat bagaimana efektivitas penyampaian pesan akun Instagram @pandemictalks mengenai varian baru virus corona (Omicron) pada followers. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesioner melalui direct message Instagram kepada 100 followers Instagram @pandemictalks. Data kuesioner pada penelitian ini diolah menggunakan IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pesan akun Instagram @pandemictalks mengenai varian baru virus corona (Omicron) pada followers termasuk pada kategori sangat efektif. Teori komunikasi kesehatan merupakan teori yang mengkaji penyampaian pesan – pesan tentang kesehatan kepada masyarakat dalam rangka mencapai perilaku hidup sehat, menciptakan kesadaran, mengubah sikap, serta memberikan dorongan untuk mengikuti perilaku hidup sehat. Teori efektivitas komunikasi digunakan untuk melihat tingkat keberhasilan suatu target dapat tercapai sesuai dengan rencana yang telah ditentukan sebelumnya. Konteks media sosial dalam penelitian ini sangat relevan karena dapat melihat tingkat efektivitas dari pesan-pesan yang disampaikan melalui platform Instagram.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pesan Covid-19, Komunikasi Kesehatan, Instagram, Media Sosial.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 06 Sep 2022 13:39
Last Modified: 06 Sep 2022 13:39
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27361

Actions (login required)

View Item View Item