PENGARUH SKEPTISISME PROFESIONAL, KEAHLIAN FORENSIK, TEKANAN WAKTU, DAN BEBAN KERJA TERHADAP KEMAMPUAN MENDETEKSI KECURANGAN (STUDI PADA BPKP PERWAKILAN PROVINSI SUMATERA UTARA)

Panjaitan, Hanna Theresia (2022) PENGARUH SKEPTISISME PROFESIONAL, KEAHLIAN FORENSIK, TEKANAN WAKTU, DAN BEBAN KERJA TERHADAP KEMAMPUAN MENDETEKSI KECURANGAN (STUDI PADA BPKP PERWAKILAN PROVINSI SUMATERA UTARA). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Hanna Theresia Panjaitan)
180424509_Bab 0.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180424509_Bab 1.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180424509_Bab 2.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text
180424509_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text
180424509_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img]
Preview
Text
180424509_Bab 5.pdf

Download (299kB) | Preview

Abstract

Pendeteksian kecurangan merupakan upaya awal yang dilakukan untuk mengindikasikan adanya suatu tindakan kecurangan berbentuk korupsi, kecurangan dalam laporan keuangan dan penyimpangan atas aset. Auditor khususnya auditor internal menjadi bagian terpenting dalam pengendalian internal untuk membantu dalam mencegah dan mendeteksi kecurangan yang terjadi. Sehingga, penelitian ini dilakukan untuk menguji dan menganalisis hubungan variabel independen skeptisisme profesional, keahlian forensik, tekanan waktu, dan beban kerja terhadap variabel dependen kemampuan mendeteksi kecurangan. Penelitian ini menggunakan objek yakni kemampuan mendeteksi kecurangan yang dilakukan di BPKP Perwakilan Provinsi Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai auditor internal pemerintah yang bekerja di BPKP Perwakilan Provinsi Sumatera Utara. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan memperoleh sebanyak 53 sampel. Perolehan data dilakukan melalui penyebaran dan pengisian kuesioner kepada responden. Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel keahlian forensik berpengaruh positif terhadap kemampuan mendeteksi kecurangan dan tekanan waktu berpengaruh negatif terhadap kemampuan mendeteksi kecurangan. Sedangkan variabel skeptisisme profesional dan beban kerja tidak berpengaruh terhadap kemampuan mendeteksi kecurangan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Skeptisisme Profesional, Keahlian Forensik, Tekanan Waktu, Beban Kerja, Kemampuan Mendeteksi Kecurangan
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 07 Sep 2022 08:39
Last Modified: 07 Sep 2022 08:39
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27369

Actions (login required)

View Item View Item