PENGARUH BRAND KNOWLEDGE PROGRAM LOYALITAS “GOCLUB” PADA APLIKASI GOJEK TERHADAP TINGKAT LOYALITAS PELANGGAN (SURVEI PADA FOLLOWERS AKUN INSTAGRAM GOJEK INDONESIA @GOJEKINDONESIA)

Teofani, Marcelline Vania (2022) PENGARUH BRAND KNOWLEDGE PROGRAM LOYALITAS “GOCLUB” PADA APLIKASI GOJEK TERHADAP TINGKAT LOYALITAS PELANGGAN (SURVEI PADA FOLLOWERS AKUN INSTAGRAM GOJEK INDONESIA @GOJEKINDONESIA). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Marcelline Vania Teofani)
180906654 0.pdf

Download (936kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906654 1.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906654 2.pdf

Download (469kB) | Preview
[img] Text
180906654 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img]
Preview
Text
180906654 4.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ekosistem industri digital di Indonesia saat ini kian meningkat ditandai dengan meningkatnya jumlah Start Up di setiap tahun. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan Gojek harus dapat mempertahankan hingga meningkatkan valuasi perusahaan untuk tetap dapat bersaing di tengah keberadaan ribuan Start Up yang ada di Indonesia. Loyalitas pelanggan menjadi hal yang penting bagi perusahaan untuk menjaga kelangsungan usaha maupun kegiatan usaha. Sebuah merek akan hadir di dalam benak konsumen ketika merek tersebut dibangun dari waktu ke waktu melalui komunikasi pemasaran sehingga pada akhirnya akan memaksimalkan loyalitas. Salah satu cara untuk membangun suatu merek tersebut adalah melalui brand knowledge. Untuk memaksimalkan loyalitas, perusahaan Gojek terus melakukan berbagai inovasi salah satunya adalah melalui GoClub yang merupakan program loyalitas pelanggan perusahaan Gojek. Program loyalitas menjadi salah satu bentuk dari promosi penjualan sebagai bagian dari bauran pemasaran. Program loyalitas akan membantu perusahaan untuk tetap mempertahankan pelanggan yang setia dari suatu merek ketika muncul pesaing baru yang akan memasuki pasar atau menantang merek tersebut. Sehingga dengan adanya ribuan Start Up yang hadir sebagai pesaing perusahaan Gojek, program loyalitas GoClub akan menjadi salah satu cara bagi perusahaan untuk membantu mempertahankan pelanggan agar tetap setia pada perusahaan Gojek. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode survey dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah followers dari akun Instagram @gojekindonesia. Populasi tersebut dipilih karena Gojek melalui akun Instagramnya membagikan informasi GoClub melalui Highlight Story, Instagram Ads, dan juga Feeds Instagram. Sampel diambil dengan cara sampling purposive. Uji validitas dan uji reliabilitas dilakukan dengan menggunakan IBM SPSS Statistics 26. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner. Metode pengukuran data menggunakan skala likert. Metode analisis data dilakukan dengan uji distribusi frekuensi dan uji regresi linear sederhana untuk menguji variabel Brand Knowledge (X) dengan variabel Loyalitas Pelanggan (Y). vi Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel Brand Knowledge (X) dengan Loyalitas Pelanggan (Y) memiliki korelasi yang sedang dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,442. Persentase pengaruh variabel Brand Knowledge (X) terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) adalah sebesar 19,6%. Hasil dari nilai signifikansi untuk pengaruh variabel Brand Knowledge (X) terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) dari tabel ANOVA adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 23,834 > F tabel 3,09 yang memiliki arti bahwa terdapat pengaruh Brand Knowledge (X) terhadap Loyalitas Pelanggan (Y). Persamaan regresi dari hasil uji regresi linear sederhana menghasilkan persamaan Y = 8,505 + 0,616X yang dengan nilai konstanta 8,505 dapat disimpulkan bahwa nilai konsisten variabel Loyalitas Pelanggan adalah sebesar 8,505. Koefisien regresi X sebesar 0,616 menyatakan bahwa setiap penambahan 1% nilai Brand Knowledge, maka nilai Loyalitas Pelanggan bertambah sebesar 0,616 dengan arah pengaruh variabel Brand Knowledge (X) terhadap variabel Loyalitas Pelanggan (Y) adalah positif. Berdasarkan hasil tabel Coefficients, diketahui Nilai Sig. untuk pengaruh Brand Knowledge (X) terhadap Y adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 4,882 > t tabel 1,985, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh variabel Brand Knowledge (X) terhadap Loyalitas Pelanggan (Y)

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Brand Knowledge, Brand Awareness, Brand Image, dan Loyalitas Pelanggan
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 07 Sep 2022 08:59
Last Modified: 07 Sep 2022 12:04
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27371

Actions (login required)

View Item View Item